Kamis, 25 Oktober 2018

Cara Cek NIK dan No. KK yang Terdaftar di Kartu SIM (SIM Card)

Operator provider di Indonesia

KEPOINDONESIA.id - Mulai beberapa waktu yang lalu, registrasi kartu SIM (SIM Card) wajib menggunakan NIK dan No. KK yang valid. Peraturan ini berlaku ke semua operator, mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Tri (3) dan Smartfren.

Hal ini dilakukan oleh Pemerintah untuk mencegah penipuan lewat sms maupun telepon yang semakin merajalela. Dengan kartu yang didaftarkan dengan NIK dan No. KK kita dapat tau siapa pemilik kartu tersebut.

Namun, dengan penetapan peraturan tersebut, masih banyak oknum nakal dan tidak bertanggung jawab menggunakan data NIK dan No. KK orang lain untuk mendaftarkan ke nomornya sendiri. Biasanya kartu SIM yang didaftarkan dengan data orang lain adalah nomer SIM yang bukan nomor utama.

Baik itu hanya nomor paketan yang tiap beberapa bulan ganti, nomor untuk mendaftar sesuatu yang membutuhkan verifikasi nomor telepon ataupun nomor yang digunakan untuk tindakan yang merugikan.

Sudah banyak para pemilik NIK dan No. KK yang asli mengetahui bahwa data mereka sudah disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, namun mereka tidak tau harus bagaimana.

Untuk itu, berikut ini adalah cara mengecek NIK dan No. KK yang telah didaftarkan ke kartu SIM, lebih tepatnya didaftarkan ke nomer yang mana saja. Pada contoh ini saya menggunakan SIM Card Tri (3) , untuk Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Smartfren bisa lihat di bagian bawah.

Berikut cara cek NIK yang yang telah terdaftar di kartu Tri (3)

1. Ketik *4444# di Telepon

Ketik *4444# di Telepon

2. Lalu pilih No. 3 untuk Cek Nomor Terdaftar, lalu klik kirimkan

Lalu pilih No. 3 untuk Cek Nomor Terdaftar, lalu klik kirimkan

3. Setelah itu masukan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KK maupun di KTP

Setelah itu masukan 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KK maupun di KTP

3. Jika NIK sudah benar bisa pilih No.1 untuk melanjutkan, jika ada kesalahan pada NIK silahkan pilih No. 2 untuk mengkoreksi

Jika NIK sudah benar bisa pilih No.1 untuk melanjutkan, jika ada kesalahan pada NIK silahkan pilih No. 2 untuk mengkoreksi

4. Proses pengecekan NIK yang telah terdaftar sudah selesai, lalu klik Oke dan tunggu sms masuk

Proses pengecekan NIK yang telah terdaftar sudah selesai, lalu klik Oke dan tunggu sms masuk

5. Pada sms yang masuk, tertulis NIK kalian terdaftar di nomor yang mana saja. Cukup mudah bukan.

 Pada sms yang masuk, tertulis NIK kalian terdaftar di nomor yang mana saja

Berikut cara cek NIK yang telah terdaftar untuk operator lain



Jika setelah melakukan pengecekan berdasarkan operator masing-masing dan menemukan ada nomor aneh yang terdaftar menggunakan No. KK dan NIK kalian, segera hubungi operator terkait untuk dilakukan pemblokiran.


EmoticonEmoticon