Bahaya dan Cara Melepas atau Memasang Kartu SD Tanpa Mematikan HP

Bahaya dan Cara Melepas atau Memasang Kartu SD Tanpa Mematikan HP

KEPOINDONESIA.id - Di perangkat smartphone yang menggunakan desain unibody kini kita bisa memasang dan mencopot Kartu SIM dan Kartu SD tanpa mematikan perangkat terlebih dahulu. Jadi kini kita bisa menghemat banyak waktu yang biasanya terbuang hanya untuk melepas dan memasang kartu SD dan kartu SIM.

Sebelum era ponsel pintar menggunakan desain unibody seperti sekarang ini, Nokia C2 Slide series sudah menerapkan penggunaan slot SIM yang dapat diganti tanpa mematikan perangkat terlebih dahulu.

Untuk melepas kartu memori tanpa mematikan perangkat sebenarnya sudah di terapkan pada ponsel Android yang menggunakan baterai removable yang memiliki slot kartu memori tidak di bawah baterai.

Singkatnya tanpa melepas baterai dan mematikan perangkat, kita bisa menambahkan dan melepas kartu SD dengan mudah. Apa melepas memori eksternal pada kondisi perangkat menyala di perbolehkan?.

Tentu saya diperbolehkan, tetapi kalian harus hari-hati supaya tidak muncul error yang bisa merusak perangkat yang kalian gunakan atau merusak kartu memori yang tadi sudah kalian tambahkan.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan sedikit efek yang bisa terjadi jika kita menambahkan kartu memori saat ponsel dalam keadaan menyala. Selain itu saya juga akan membahas tentang cara menambahkan kartu SD yang benar.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin belum kalian ketahui. Seperti solusi izin ditolak di Kartu SD serta cara menghapus file serbaneka yang menumpuk di Android.

Efek Yang Bisa Terjadi Jika Memasang Kartu Memori Dalam Keadaan Ponsel Menyala


1. Data Tidak Terbaca


Masalah pertama yang bisa terjadi yaitu data tidak terbaca atau terdeteksi rusak. Peringatan kartu SD tidak terbaca atau rusak pasti sering kalian temui jika menambahkan memori eksternal dalam keadaan ponsel masih menyala.

Ada 2 kemungkinan jika peringatan tersebut sudah muncul. Yang pertama yaitu data yang ada di kartu SD memang tidak terbaca. Dan yang kedua yaitu peringatan tadi hanyalah pemberitahuan saja, tetapi data dan file yang ada di kartu SD masih aman dan muncul di aplikasi File Manager.

2. Perangkat Jadi Error


Efek berikutnya yaitu bisa membuat perangkat yang kalian gunakan menjadi error. Ini akan terjadi jika perangkat Android yang kalian gunakan memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Karena sudah lemot dan di tambah kartu SD dalam keadaan menyala, sistem akan kesusahan dalam membaca file-file yang ada di kartu SD.

3. Kartu Memori Jadi Rusak


Berikutnya jika kalian menambahkan kartu memori dalam keadaan HP menyala bisa membuat kartu memori yang kalian tambahkan menjadi rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Tapi kasus ini jarang sekali terjadi, dan yang paling sering terjadi yaitu data tidak terbaca.

Selain efek dari menambahkan kartu SD dalam kondisi HP menyala, kali ini saya juga akan membahas mengenai cara menambahkan kartu SD ke perangkat Android yang benar. Supaya tidak ada kejadian yang tidak kalian inginkan terjadi.

Cara Memasang Kartu SD Yang Benar


1. Pastikan Kartu SD Masih Normal


Pertama yang perlu kalian perhatikan yaitu kondisi kartu memori yang ingin ditambahkan. Pastikan kartu memori yang ingin kalian tambahkan masih terbaca di perangkat lain serta tidak ada file berbahaya yang bisa merusak perangkat.

2. Lebih Baik Matikan Perangkat


Ini tidak wajib, tetapi saran saya memang lebih baik mematikan HP saat menambah atau memasang kartu memori atau SD Card. Supaya sistem dan perangkat dapat membaca memori eksternal yang ditambahkan secara sempurna pada saat booting.

3. Jangan Sampai Ada Benda Lengket di Kartu SD


Terakhir yang perlu kalian hindari yaitu jangan sampai ada benda-benda lengket di kartu memori yang ingin kalian tambahkan. Ini pernah saya alami dan sangat sulit sekali melepas kartu SD yang menempel pada slot yang tersedia.

Jika kalian baru memori Memory Card dalam keadaan baru atau new, pastikan kartu memori tidak ditempel dengan double tape atau semacamnya. Jika iya, silakan kalian bersihkan terlebih dahulu sebelum memasangnya.

Nah itu dia beberapa efek jika kita menambahkan kartu SD dalam keadaan HP menyala. Selain itu sudah saya jelaskan juga hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memasang kartu SD ke perangkat.

Terakhir jika kalian ingin memindahkan penyimpanan aplikasi SHAREit ke Kartu Memori, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Cara ini bisa kalian lakukan jika perangkat Android yang kalian gunakan hanya memiliki internal memori yang sedikit.


EmoticonEmoticon