Kekurangan dan Manfaat Mode Pesawat Serta Tidak Berbahaya Jika Sering Menggunakannya

Kekurangan dan Manfaat Mode Pesawat Serta Tidak Berbahaya Jika Sering Menggunakannya

KEPOINDONESIA.id - Mode Pesawat atau Airplane Mode merupakan fitur yang ada di semua jenis HP atau Handphone. Mulai dari generasi HP tanpa sistem operasi, HP yang menggunakan sistem operasi seperti Java sampai di era Smartphone ini seperti Android dan iOS.

Bisa dibilang fitur ini merupakan fitur yang wajib ada. Ada banyak fungsi dari mode pesawat ini. Namun nyatanya, banyak orang yang memandang sebelah mata fitur tersebut. Sampai-sampai dari beli HP dalam kondisi baru sampai HP tersebut rusak, mode pesawat belum pernah digunakan sama sekali.

Ada banyak sekali kegunaan, kelebihan, atau keuntungan menggunakan mode pesawat ini. Untuk kekurangan mode pesawat atau kelemahan mode pesawat sendiri tidak ada, karena sebenarnya fitur ini sangat-sangatlah berguna.

Namun memang ada sedikit efek samping sedikit jika kita sering menggunakan fitur mode pesawat ini, khususnya bagi ponsel pintar versi jadul yang software dan hardware nya tidak sebanding dengan ponsel pintar jaman sekarang.

Lalu apa manfaat dan akibat terlalu sering menggunakan mode pesawat? Saya akan sedikit berbagi pada kalian mengenai manfaat dan akibat jika sering menggunakan mode pesawat tidak pada peruntukannya.

Namun sebelum itu kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Seperti cara mengatasi terdeteksi root di ponsel Android dan solusi jaringan tidak menyediakan informasi tanggal dan waktu.

Manfaat dan Kegunaan Mode Pesawat


Kegunaan yang pertama sudah jelas, kita bisa mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode saat sedang menaiki pesawat terbang. Seperti yang kita ketahui, bahwa sinyal dari HP bisa mengganggu proses penerbangan, maka alasan adanya fitur mode pesawat karena untuk hal tersebut.

Selain itu mode pesawat lebih baik di aktifkan jika sinyal pada HP tidak tidak stabil. Karena jika sinyal tidak stabil maka baterai ponsel pun akan cepat terkuras juga. Jadi jika sinyal lemah atau tidak stabil, saran saya silakan aktifkan mode pesawat.

Selain itu mode pesawat sangat berguna saat musim penghujan, jika hujan disertai kilat dan guntur alangkah baiknya kalian mengaktifkan mode pesawat. Walaupun jarang terjadi, namun kemungkinan besar jika tidak di aktifkan dan data seluler aktif, maka sinyal dari data seluler bisa memicu kilat ke HP kita.

Selain itu mode pesawat juga bisa untuk mereset IP atau merefresh IP di HP kita. Ini sangat berguna sekali jika di daerah kita sinyalnya sangat lemah. Maka pilihan untuk mengganti alamat IP merupakan langkah yang tepat.

Kerugian Terlalu Sering Menggunakan Mode Pesawat


Ini bukan kelemahan, kekurangan atau bahaya mode pesawat. Namun hanya kerugian kecil yang sebenarnya tidak menjadi masalah. Jadi jika kita sering menggunakan mode pesawat, maka lama kelamaan data seluler akan lama muncul jika mode pesawat di nonaktifkan.

Karena jika mode pesawat aktif, maka data seluler akan mati. Setelah mode pesawat di nonaktifkan maka data seluler akan mulai aktif dan akan mulai mencari jaringan. Nah dalam proses pencarian jaringan ini terkadang lama karena terlalu sering menggunakan mode pesawat.

Mungkin hanya itu saja kerugian terlalu sering menggunakan mode pesawat. Malahan, banyak orang menggunakan mode pesawat karena bisa menghemat baterai, namun memang itu benar. Jadi gunakan mode pesawat sesuai kebutuhan saja.

Dan juga kalian perlu tau mengenai HP Ex-Display dan Ex-Service. Sering kali banyak orang yang menjual HP jenis tersebut, lebih murah dari pada garansi Distributor.


EmoticonEmoticon