Cara Melamar Kerja di Pabrik Triplek Terdekat Dari Rumah

Cara Melamar Kerja di Pabrik Triplek Terdekat Dari Rumah

KEPOINDONESIA.id - Pabrik triplek salah satu pabrik yang bisa dijumpai karena mulai dari kabupaten kecil hingga kota besar biasanya ada. Tidak seperti pabrik lain pada umumnya. Alasannya sederhana saja kenapa pabrik ini banyak dijumpai.

Yang pertama karena pasar triplek luas dan banyak dibutuhkan orang. Selain itu bahan bakunya yaitu kayu mudah didapatkan. Jadi untuk membuat pabrik triplek investor tidak perlu membutuhkan modal yang sangat besar.

Di kota saya sendiri setidaknya ada 5 lebih pabrik triplek, memang tingkat produksinya tidak sama tetapi pabrik tersebut aktif dan memiliki banyak karyawan. Sesuai judul, bagaimana jika kalian ingin melamar kerja ke pabrik triplek? .

Mudah saja caranya, untuk masuknya tidak serumit pabrik yang lain. Hanya saja berkas yang perlu kalian butuhkan perlu lengkap. Karena memang berkas ini wajib walaupun masuk ke pabrik kecil sekalipun.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti kisi-kisi PT. NOK Indonesia serta jika kalian tidak bisa datang dan meminta interview secara online ke HRD boleh atau tidak? simak jawabannya pada artikel tersebut.

Tentukan Terlebih Dahulu Tujuan Pabriknya


Yang paling penting kalian harus sudah tau pabrik triplek mana yang akan jadi tujuan kalian. Sebagai contoh di kota kalian ada beberapa pabrik triplek, silakan kalian seleksi dan pilih-pilih yang mana yang bagus.

Mulai dari tempat dan suara kerja, lingkungan pabrik, gaji, kesejahteraan, dan lain sebagainya. Jarak pabrik dengan rumah kalian juga wajib diperhitungkan dan jangan terlalu jauh jika gajinya tidak menutupi untuk ongkos pulang pergi.

Siapkan Berkas-Berkas Yang Diperlukan


Berkas-berkas yang diperlukan sebenarnya sama seperti melamar kerja di manapun itu, berikut berkas-berkas yang biasanya diminta HRD PT. triplek kepada calon karyawannya:

  • Fotokopi KTP
  • Surat lamaran
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi Ijazah terakhir tanpa legalisir
  • Kartu kuning
  • SKCK
  • Surat keterangan sehat
  • Pas foto

Apabila ada tambahan biasanya HRD akan memberitahu. Jangan lupa bawa alat tulis supaya kalian tidak kerepotan dan supaya terlihat lebih baik. Gunakan pakaian yang bebas tapi sopan, tidak wajib mengenakan kemeja putih dan celana/rok hitam 

Cara Mengirim Lamar ke Pabrik Triplek


Untuk mengirim lamar ke pabrik triplek sangat mudah, karena umumnya pabrik triplek setiap bulan membuka lowongan. Cara pertama kalian bisa bawa langsung lamaran kalian dan tanya kepada satpam, apa ada lowongan atau tidak.

Jika tidak apakah bisa nitip langsung atau tidak, jika tidak dan harus dikirim lewat Pos maka tidak ada pilihan lain selain dikirim lewat Pos. Memang perlu ongkos tambahan walaupun masih satu kota, tetapi tidak ada pilihan lain. 

Apa Akan Langsung Mendapatkan Panggilan?


Bisa iya bisa tidak, tergantung dari banyak faktor. Tetapi jika sudah dipanggil kemungkinan diterimanya sampai 50%. Karena biasanya ada tes lain, tetapi jika tidak ada tes lain kemungkinan diterimanya meningkat jadi 90%.

Kalian hanya perlu ikut training sampai selesai dan wajib berangkat saat training. Lakukan yang terbaik saat training supaya kalian bisa diterima dengan baik. Tidak bisa saat awal sangat wajar jadi tidak usah takut.

Banyaknya pabrik triplek memudahkan kalian untuk melamar kerja. Hanya saja pabrik yang menurut kita layak biasanya hanya 1 atau 2 saja dalam 1 kota atau kabupaten. Pabrik yang lainnya biasanya sekala kecil dan gajinya juga pasti kecil.

Apa pabrik triplek ada yang namanya shift? tentu saja ada, karena rugi jika tidak menerapkan sistem shift. Berbicara soal lamaran kerja, kenapa email lamaran kita tidak dibalas oleh HRD? tenang kalian tidak usah sebal.

Saya sudah pernah membahas mengenai kenapa email lamaran kita tidak dibalas oleh HRD atau bagian personalia. Bagaimana jika kirim ulang lamaran? saran saya tidak usah cukup satu kali dan pastikan email terkirim dan tidak masuk ke folder draft.


EmoticonEmoticon