Penyebab Stang Motor Bunyi Cetuk-Cetuk Saat Sedang Dikendarai

Penyebab Stang Motor Bunyi Cetuk-Cetuk Saat Sedang Dikendarai

KEPOINDONESIA.id - Apabila motor kalian sehat semuanya terasa nyaman saat sedang dikendarai. Mulai dari tenaga, handling, rem, serta yang lainnya. Tetapi jika motor kalian dalam keadaan tidak sehat maka biasanya kurang nyaman.

Nah salah satu yang sering diabaikan oleh pemilik yaitu mengenai bunyi cetuk-cetuk pada setang. Bunyi cetuk-cetuk pada stang perlu diperbaiki karena ini bisa menimbulkan masalah lainnya dan bisa berbahaya juga.

Ingat yang saya maksud yaitu bunyi cetuk-cetuk atau jedok-jedok, sedangkan untuk jedug-jedug disebabkan oleh penyebab yang berbeda. Untuk tau apa penyebabnya serta cara mengatasinya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Akan saya bahas mengenai cara mengatasi bunyi jedok-jedok atau cetuk-cetuk pada stang sepeda motor. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi motor yang tidak bisa di engkol serta solusi remote Nmax yang tidak berfungsi

Asal Bunyi Cetuk-Cetuk Pada Stang Motor


Untuk asal bunyinya sudah jelas dari komstir. Komstir merupakan komponen sepeda motor yang ada hubungannya dengan pengendalian sepeda motor. Ukurannya sangat kecil tetapi perannya sangat besar.

Untuk penyebab komstir menjadi bunyi cetuk-cetuk sangat beragam. Mulai dari karena sudah aus, karena baru masuk lubang, karena menurunkan suspensi depan, atau karena memang perlu di stel atau diganti karena sudah berumur.

Cara Menghilangkan Bunyi Cetuk-Cetuk Pada Stang Motor


Ada 2 opsi, yang pertama yaitu menyetel dan biasanya komstir akan dikencangkan dan bukan dikendorkan. Jika dikendorkan biasanya karena stang motor berat dan susit berbelok. Sedangkan dikencangkan ketika sudah berbunyi atau ada gap.

Apabila komstir sudah aus walaupun bisa di stel lebih baik diganti saja. Karena proses stel komstir sendiri sedikit ribet. Jadi daripada melakukan hal yang sama lagi dalam beberapa bulan lebih baik ganti komstir.

Berapa biaya stel komstir? untuk stel komstir murah saja dan untuk pemasangannya juga murah. Sedangkan untuk harga tergantung tipe komstir. Yang biasa atau komstir bambu, yang jelas ada harga ada rupa.

Berapa waktu pergantian komstir? tidak ada estimasi yang pasti. Tetapi jika sering masuk lubang di jalan atau pernah nabrak sudah pasti komstir akan cepat aus. Sedangkan jika motor sering dipakai tetapi tidak pernah mengalami hal serupa maka awet saja.

Itu saja yang bisa saya bahas mengenai bunyi cetuk-cetuk pada stang sepeda motor yang asalnya dari komstir. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara meluruskan spakbor atau slebor belakang sepeda motor yang miring.


EmoticonEmoticon