Cara Mengatasi Kick Starter Ngelos dan Motor Tidak Mau Hidup

Cara Mengatasi Kick Starter Ngelos dan Motor Tidak Mau Hidup

KEPOINDONESIA.id - Kick starter atau engkol yang ngelos di sepeda motor terkadang membuat panik kita. Khususnya ketika sedang dalam perjalanan dan sepeda motor kalian mati sendiri. Ketika di starter tidak hidup dan ketika di kick starter ternyata malah ngelos.

Ngelos ketika di engkol bisa terjadi saat pagi hari ketika motor ingin dipanasi atau ketika sedang digunakan. Apabila ngelos kick starter dan starter tidak akan bisa menghidupkan sepeda motor sebelum kalian mengatasi ngelos tadi.

Kenapa bisa ngelos? ngelos secara umum yaitu ada udara yang keluar dari ruang bakar dan penyebab utamanya karena klep tidak menutup dengan sempurna. Tetapi untuk yang sering ngelos tiba-tiba disebabkan oleh 2 hal. 

Apa 2 hal tersebut? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini. Akan saya bahas solusi mengatasi motor ngelos ketika di kick starter saat pagi hati dan saat digunakan ketika motor mati sendiri. Tidak usah khawatir karena dengan menunggu saja sebenarnya nanti akan normal kembali.

Tetapi daripada hanya menunggu dan tidak tau apa-apa minimal kalian tau penyebab dan solusi tepatnya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara memperbaiki remote keyless Nmax yang tidak berfungsi serta tips mengatasi motor yang terasa berat ketika dikendarai.

Solusi Kick Starter Motor Ngelos Saat Pagi Hari


Apabila motor kalian tidak bisa hidup saat pagi hari dan ketika di kick starter atau di engkol ternyata ngelos ini disebabkan karena oli yang tidak melumasi semua bagian komponen mesin. Khususnya bagi kalian yang baru ganti oli tetapi tidak langsung menghidupkan mesin.

Wajib hukumnya ketika ganti oli kalian wajib menghidupkan mesin motor kalian supaya oli melumasi semua celah-celah mesin. Apabila kalian ganti oli sore hari dan belum sempat dinyalakan maka saat pagi harinya jika motor ngelos saat di engkol ini wajar terjadi.

Solusinya bagaimana? mudah saja. Kalian hanya perlu starter atau kick starter dengan membuka gas secukupnya atau sampai penuh supaya ruang bakar mendapatkan kompresi yang cukup. Bisa lama tetapi cara ini cukup manjur dan bisa kalian coba.

Solusi Kick Starter Motor Ngelos Ketika Motor Tiba-Tiba Mati Saat Digunakan


Sedangkan ketika kalian sedang berkendara dan tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan karena ngelos ini terjadi karena mesin overheat. Rata-rata mesin jika overheat tidak akan bisa hidup atau sulit menyala karena kompresi tidak ada.

Solusinya sebenarnya kalian hanya perlu menunggu 15 menit sampai 30 menit sampai mesin dingin. Apabila kalian terburu-buru kalian bisa coba seperti cara pertama tadi, untuk menghidupkan kalian bisa starter atau kick starter tetapi harus buka gas.

Selain karena klep hilang kompresi juga bisa disebabkan karena ada celah di lubang busi. Apabila motor yang kalian miliki masih motor terbaru atau diatas tahun 2010 saya kira masalah los saat di kick starter jika tidak karena oli belum menyebar maka disebabkan karena mesin overheat.

Apa yang saya jelaskan untuk kasus los ringan, sedangkan untuk los berat seperti di starter bisa tetapi tidak bisa di kick starter maka ada kerusakan pada bagian kick starter. Ini harus dilakukan pembongkaran dan pasti perlu penggantian part dan komponen.

Sekian pembahasan dari saya mengenai sepeda motor yang ngelos saat di kick starter atau saat di starter. Sebelum saya akhiri apabila motor Yamaha kalian tidak bisa dipasang spion kanan kalian harus tau penyebab dan solusi mengatasinya.


EmoticonEmoticon