Perbedaan Gelar dr. , DR. , Dra., dan Drs.

Perbedaan Gelar dr. , DR. , Dra., dan Drs.

KEPOINDONESIA.id - Siapa sih yang tidak ingin namanya ketambahan sebuah gelar seperti Drs. atau S.H. Untuk bisa mendapatkan gelar yang pasti kalian wajib kuliah hingga selesai. Jika kalian belum selesai kuliah atau DO (Drop Out) kalian tidak akan mendapatkan gelar. 

Saya sendiri ingin memiliki gelar, tetapi sepertinya tidak akan bisa karena saya tidak kuliah. Walaupun kemungkinan mendapatkan gelar tidak ada akan tetapi saya tidak ingin kalah, karena sejatinya ilmu dan pengalaman dapat didapatkan di mana saja dan kapan saja.

Banyak orang sukses dunia tidak lulus kuliah dan tidak memiliki gelar. Akan tetapi orang seperti itu hanya ada satu orang yaitu orang tersebut. Walaupun tetap ada yang memiliki latar belakang yang sama akan tetapi jalannya tetap saja berbeda.

Kembali ke topik, pembahasan utama saya kali ini bukanlah tentang orang sukses melainkan tentang perbedaan gelar yang paling umum kita temui yaitu antar Dra. dan Drs. serta dr. dan DR.. Dalam lingkungan sekolahan banyak Guru yang memiliki gelar Drs. dan Dra.

Sedangkan DR. dan dr. di lingkungan sekolah memang tidak terlalu banyak, akan tetapi tetap akan saya bahas karena masih banyak orang yang keliru dengan pengertian gelar DR. dan dr. Hanya beda penggunaan huruf kapital tetapi maknanya sangat jauh.

Untuk itu langsung saja kalian simak penjelasan saya mengenai arti dan perbedaan keempat gelar diatas. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti apa yang dimaksud dengan rapat pleno serta cara berhenti menerima email dari JobStreet.

Perbedaan DR. dan dr.


Jadi DR. dan dr. berbeda walaupun bedanya hanya pada huruf kapital. DR. dengan kapital adalah gelar akademik untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan jenjang S3. Jadi jika kalian melihat nama seseorang menggunakan gelar DR. (Doktor) maka orang tersebut sudah selesai S3.

Sedangkan dr. (Dokter) adalah gelar profesi bagi Sarjana Kedokteran yang telah menyelesaikan program koasistensi dan sudah diambil sumpahnya. Jadi jangan samakan gelar DR. dan dr., karena berbeda jauh.

Perbedaan Dra. dan Drs.


Tidak ada bedanya, hanya saja Dra. (Doktoranda) untuk perempuan dan Drs. (Doktorandus) untuk laki-laki. Kedua gelar tadi akan dimiliki setelah seseorang lulus S1. Intinya gelar yang didapatkan saat seseorang sudah menempuh pendidikan S1.

Jadi sekarang kalian tau kan perbedaan antara DR. dan dr. serta Drs. dan Dra. Jika kalian ingin memiliki gelar, mulailah belajar dengan giat jika kalian masih sekolah. Selain belajar kalian harus memiliki skill karena ilmu tanpa skill akan susah bertahan di kehidupan seperti sekarang ini.

Tidak tau cara meminta legalisir ke sekolah lama? kalian bisa baca cara meminta legalisir ke sekolahan yang lama. Legalisir sangat penting saat mendaftar ke perusahaan bunafit atau mendaftar ke instansi pemerintahan.


EmoticonEmoticon