Cara Mengatasi Spakbor Belakang Sepeda Motor Miring

Cara Mengatasi Spakbor Belakang Sepeda Motor Miring

KEPOINDONESIA.id - Spakbor belakang yang miring sering dijumpai di sepeda motor matic dan menurut sebagai orang masalah seperti ini tidak bisa dihindari. Tidak hanya di motor matic saja, di motor bebek, sport, hingga moge juga bisa terjadi.

Faktor penyebabnya sangat banyak dan bervariasi. Untuk motor baru tetapi spakbor belakang sudah miring bisa disebabkan karena ada kesalahan atau permasalahan saat pengiriman unit tersebut dari pabrik ke dealer.

Sedangkan pada motor lama selain karena pemakaian bisa saja karena sering melewati lubang yang dalam atau karena faktor lainnya. Nah bagaimana cara mengatasi spakbor motor yang miring? tentu saja untuk memperbaikinya harus tau penyebabnya terlebih dahulu.

Oleh karena itu jika kalian penasaran dengan spakbor belakang yang miring baik miring ke kanan atau miring ke kiri kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan jelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan spakbor belakang miring.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Kalian bisa baca rem belakang motor yang tidak pakem serta ciri-ciri kopling motor yang sudah aus dan minta servis atau minta diganti.

Umumnya spakbor belakang yang miring disebabkan pada bagian swing arm yang tidak center dengan body. Untuk spakbor jelas sudah center dan sangat jarang miring kecuali setelah ditabrak atau terbentur.

Sedangkan pada bagian swing arm biasanya bisa bergeser atau tidak center. Mungkin saja dudukan arm sebelah kanan dan kiri tidak sama jadi sedikit miring. Atau jika di motor matic karena masih single suspensi membuat sisi yang tidak ada suspensinya lebih rawan mleot.

Oleh karena itu lebih baik kalian tanyakan ke bengkel terlebih dahulu untuk mendiagnosa masalah spakbor belakang yang miring. Jangan sampai karena masalah sederhana kalian melakukan perbaikan besar yang hasilnya belum pasti tetapi biasanya mahal.

Jika memang mempengaruhi feeling berkendara lebih baik segera kalian betulkan dan perbaiki. Tetapi jika tidak dan hanya miring sedikit sebenarnya dibiarkan saja tidak masalah karena hanya penampilan saja seperti stang yang terkadang tidak lurus dengan spakbor depan.

Itu saja penjelasan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sebelum saya akhiri kalian wajib tau tekanan ban belakang dan depan pada motor dan mobil. Tekanan yang tepat sangat diperlukan supaya berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.


EmoticonEmoticon