4 Cara Mengatasi Kamera iPhone Tidak Bisa Fokus dan Ngeblur

4 Cara Mengatasi Kamera iPhone Tidak Bisa Fokus dan Ngeblur

KEPOINDONESIA.id - iPhone yang bisa dibilang salah satu smartphone paling elegan yang ada tidak lepas dengan masalah yang biasa terjadi smartphone lainnya mulai dari yang harganya mahal dengan harga setara dengan iPhone hingga yang harganya murah.

Baterai yang boros yang bisa terjadi di Android juga banyak terjadi di iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS. Layar yang bergaris, shadow, atau yang ada tompelnya tidak terjadi di HP Android saja tetapi juga terjadi di iPhone.

Dan yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai kamera iPhone yang buram ataupun blur. Baik di mode foto ataupun mode video. Di Android kendala ini juga sering dijumpai dan yang pasti ada penyebabnya.

Tidak semata-mata langsung blur atau error dan bisa dikatakan bermasalah. Jika sudah tidak fokus dan blur bisa dikatakan kamera sudah tidak bisa digunakan karena hasilnya sangat tidak layak dilihat karena blur atau buram tadi.

Tetapi masih jernih dan tajam tetapi tidak fokus maka objek tidak akan terlihat dengan jelas. Bagaimana cara mengatasinya? untuk cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum itu kalian bisa baca pembahasan lain yang mungkin menarik bagi kalian.

Seperti apabila kamu kurang suka dengan pop up notifikasi WhatsApp di iPhone yang sering tidak sengaja tertekan kalian bisa dengan mudah menonaktifkannya. Serta jika kalian belum tau fungsi FPS Otomatis yang ada di kamera iPhone kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.

Lensa Kamera Kotor


Anggap saja karena lensa kamera iPhone kalian kotor jadi kamera kesulitan saat ingin fokus. Silakan kalian bersihkan lensa kameranya terlebih dahulu menggunakan tisu, lap, atau kain bersih dan coba lagi. Apabila masih tidak bisa fokus dan hasilnya buram kalian bisa ikuti langkah berikutnya.

Efek Update iOS


Apabila baru saja kalian update atau memperbarui versi iOS ke versi yang lebih baru kemungkinan ada bug yang mempengaruhi kamera iPhone yang kalian miliki. Jadi silakan mulai ulang untuk mengetahui bug tersebut sifatnya bug ringan atau bug berat.

Tunggu Update iOS Berikutnya


Apabila setelah mulai ulang masalah masih terjadi bisa disimpulkan itu bug berat. Ini bisa kalian atasi jika ada pembaruan iOS ke versi yang lebih baru lagi. Tidak ada hal yang bisa kalian lakukan selain menunggu pembaruan iOS selanjutnya.

Kamera Rusak


Setelah ada update iOS yang terbaru lagi dan masih blur dan tidak bisa fokus bisa disimpulkan bahwa kamera iPhone kalian rusak. Baik modul kameranya atau bagian sensor kamera. Tidak ada pilihan lain selain dibawa ke tempat servis baik yang resmi atau yang bukan.

Kasus kamera iPhone yang blur karena tidak bisa fokus sering terjadi selain kamera yang goyang. Bisa disebabkan karena iPhone pernah terjatuh atau bagian kameranya pernah tertekan cukup berat.

Untuk yang kamera goyang harus di bongkar dan biayanya cukup murah karena biasanya hanya ditambah magnet supaya posisi kamera tidak berubah. Tetapi jika tidak fokus ini perlu penggantian karena bisa saja sensor kamera yang sudah rusak dan perlu diganti.

Harga yang mahal tidak menjamin tidak rusak karena barang yang digunakan pasti akan rusak. Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan SIM tidak sah yang ada di iPhone supaya peringatan tersebut hilang.


EmoticonEmoticon