Pengertian Reload & Refresh Dalam Sistem dan Aplikasi

Pengertian Reload & Refresh Dalam Sistem dan Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Saat awal menyalakan sebuah perangkat desktop baik Laptop atau Komputer khususnya yang menggunakan Windows pasti kalian sering melakukan yang namanya Refresh. Melakukan Refresh sudah menjadi hal yang wajib setelah perangkat desktop masuk ke layar utama.

Yang pasti setiap orang melakukan hal tersebut karena memiliki alasan tersendiri. Saya sendiri biasanya melakukan Refresh sambil menunggu beberapa aplikasi lainnya seperti Windows Defender dan IDM berjalan.

Ada beberapa aplikasi startup yang akan berjalan sendiri walaupun belum dibuka. Ini bertujuan supaya aplikasi selalu siap jika dibutuhkan. Selain Refresh ada juga yang namanya Reload.

Istilah Reload mungkin sering kalian temui di browser atau peramban. Reload biasanya diganti dengan memuat halaman. Oleh karena itu aplikasi browser yang sudah menggunakan bahasa Indonesia mengganti kata Reload dengan memuat halaman.

Yang menjadi pertanyaan ialah, apa sebenarnya Reload dan Refresh itu? Serupa tapi tak sama akan tetapi di beberapa kesempatan Reload dan Refresh memiliki pengertian yang sama. Oleh sebab itu kali ini saya akan menjelaskan pengertian keduanya.

Namun sebelum lanjut ke pengertian dan penjelasan mengenai Refresh dan Reload kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi halaman tidak merespon di Google Chrome serta cara hapus sandi tersimpan di akun Google.

Reload


Reload sendiri digunakan oleh browser dan peramban untuk memuat ulang halaman. Misalnya halaman tidak merespon atau kalian ingin melihat tampilan halaman ke versi terbaru.

Jadi apa itu Reload? saya artikan Reload adalah proses pemuatan halaman atau tampilan untuk menampilkan ulang halaman atau mengambil data baru dari halaman tersebut. Mengambil data baru yang saya maksud seperti di Facebook dan Instagram.

Jika kalian melakukan Reload halaman di beranda Facebook dan Instagram postingan yang tampil akan berubah alias postingan dari orang yang berbeda. Nah itu dia yang namanya memuat halaman dengan mengambil data baru.

Refresh


Berbeda dengan Reload, umumnya Refresh digunakan di tampilan depan desktop Windows saja. Jadi Refresh adalah proses penyegaran kembali tampilan dan sistem yang ada di Windows.

Penyegaran disini penyegaran ringan, sedangkan penyegaran berat bisa dilakukan dengan cara Restart. Contoh kasus kalian terlalu banyak membuat shortcut aplikasi di bagian desktop.

Padahal semakin banyak shortcut proses sistem juga akan semakin berat, nah saat awal booting ada beberapa shortcut yang hilang alias belum muncul. Untuk memunculkan shortcut yang belum muncul kalian bisa melakukan Refresh.

Sekilas memang sama, akan tetapi tetap saja Load dan Fresh memiliki arti yang berbeda. Bagaimana menurut kalian, penjelasan dari saya mudah di mengerti bukan? semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa terbantu.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau cara salin tulisan di Facebook. Misalnya kalian menggunakan aplikasi Lite mungkin kalian akan mengalami masalah seperti ini. Karena di Facebook Lite kita tidak bisa melakukan copy teks secara bebas.


EmoticonEmoticon