Fungsi Auto FPS atau FPS Otomatis di Kamera iPhone

Fungsi Auto FPS atau FPS Otomatis di Kamera iPhone

KEPOINDONESIA.id - Merekam video dengan iPhone dikenal akan menghasilkan video yang bagus karena hasilnya jernih dan stabil. Apabila dibandingkan dengan perangkat Android di rentang harga yang sama mungkin hasil rekaman video iPhone masih diatas rata-rata.

Bagusnya hasil rekaman video yang dihasilkan dari perangkat iPhone tidak luput dari hardware dan software yang digunakan dan dikembangkan oleh Apple. Dari segi hardware walaupun megapixel yang digunakan kecil tetapi sensor yang digunakan lebih baik.

Selain itu software dalam pemrosesan di iOS juga lebih baik jika dibandingkan yang ada di Android. Supaya hasilnya tetap baik ada yang namanya fitur Auto FPS atau FPS Otomatis yang ada di seri iPhone 12 keatas.

Apa sebenarnya fungsi dari Auto FPS ini apakah bisa membuat hasil rekaman video menjadi tetap stabil dan bagus?. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena akan saya bahas mengenai apa fitur Auto FPS atau FPS Otomatis yang ada di iPhone.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi kamera di HP blank atau tidak bisa digunakan serta cara merubah foto HEIC dari iPhone menjadi .JPG atau JPEG.

Auto FPS atau FPS Otomatis


Auto FPS merupakan teknologi penyempurna dari teknologi sebelumnya yaitu Auto Low Light FPS atau FPS Cahaya Rendah Otomatis. Pada FPS Cahaya Rendah Otomatis cara kerjanya yaitu dengan menurunkan frame rate video ke 24 fps untuk menyesuaikan eksposur.

Apabila Auto Low Light FPS hanya antara 30 fps dan 24 fps saja berbeda dengan Auto FPS yang bisa diatur hingga mencapai 60 fps. Perangkat iPhone anak menaikkan fps jika diperlukan apabila ada gerakan yang terlihat cepat supaya hasilnya lebih baik.

Cara Mengaktifkan Auto FPS di Kamera iPhone


Kamu bisa mengaktifkannya lewat Pengaturan dan tidak bisa kamu atur langsung lewat aplikasi kamera. Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan Auto FPS atau FPS Otomatis di iPhone.

  • Buka Pengaturan
  • Gulir ke bawah dan klik Kamera.
  • Klik pada bagian Rekam Video.
  • Gulir ke bawah dan ketuk FPS Otomatis.
  • Di sini, Anda dapat memilih 3 opsi yakni Off, Auto 30 fps, dan Auto 30 & 60 fps

Auto FPS hanya tersedia di seri iPhone 12 keatas dan iPhone SE (generasi-3). Apabila kalian memiliki iPhone 11 maka tidak akan ada Auto FPS atau FPS otomatis dan hanya akan ada Auto Low Light FPS atau FPS Cahaya Rendah Otomatis.

Penting atau Tidak Mengaktifkan Auto FPS?


Auto FPS diaktifkan dengan tujuan membuat rekaman video menjadi lebih terang walaupun di tempat yang gelap dengan menurunkan FPS. Jadi jika kalian sering merekam video di kondisi yang tidak menentu kalian wajib mengaktifkan Auto FPS ini.

Tetapi jika kalian ada keperluan membuat video cinematic atau video khusus yang membutuhkan detail yang bagus di outdoor saran saya Auto FPS kalian nonaktifkan saja supaya hasil rekaman video tetap di 60 fps.

Untuk keperluan sehari-hari FPS Otomatis saya rekomendasikan karena memang untuk berbagai kondisi lebih baik dan hasilnya saya kira sudah cukup memuaskan. Wajar jika di kondisi yang sangat gelap hasilnya tidak akan kelihatan.

Oleh karena itu kalian bisa aktifkan flash untuk menambah penerangan. Tenang saja lampu flash di iPhone berwarna putih dan sangat terang jadi hasilnya tidak akan mengecewakan asalkan kalian bisa mengatur dan mengambil posisi merekam yang benar.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila kalian ingin mematikan suara jepretan kamera di iPhone kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan suara cekrek saat memotret dengan iPhone.


EmoticonEmoticon