Cara Mengatasi Ikan Lele Yang Tidak Mau Makan Saat Budidaya

Cara Mengatasi Ikan Lele Yang Tidak Mau Makan Saat Budidaya

KEPOINDONESIA.id - Lele salah satu ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat baik perorangan dengan kolam seadanya sampai kelompok yang menggunakan kolam betok dengan jumlah yang banyak. Salah satu alasan kenapa lele banyak dibudidayakan yaitu karena mudah dirawat dan minat di masyarakat juga banyak. 

Jadi jika kalian memiliki stok lele yang banyak untuk menjual lele sangatlah mudah. Daripada menjualnya rata-rata kendala ada saat proses budidaya yang tidak berhasil. Walaupun terbilang ikan yang tangguh tetap saja budidaya lele butuh pengawasan dan ketelitian.

Daripada ikan budidaya lainnya lele salah satu yang paling mudah dibudidayakan dan paling mudah dijual juga. Kendala saat budidaya lele salah satu contohnya yaitu ikan lele tidak mau makan atau tidak nafsu untuk makan.

Kenapa ikan lele di kolam kalian tidak nafsu makan tidak seperti sebelumnya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi ikan lele yang menggantung serta kelebihan dan kekurangan budidaya ikan dengan kolam terpal.

Ikan Lele Setres


Penyebab pertama yang paling umum yaitu karena ikan lele sedang setres. Ada beberapa hal yang bisa membuat ikan lele setres salah satunya terlalu banyak ikan dalam satu kolam sampai penggantian air kolam yang asal-asalan alias asal ganti saja.

Air Kolam Sudah Minta Diganti


Air yang butek bukan tanda bahwa air di kolam lele harus diganti, tetapi tanda-tanda air perlu diganti ketika nafsu ikan lele sudah mulai berkurang. Batas pH yang sudah lebih atau kurang dari toleransi membuat ikan lele tidak nyaman berada di kolam dan waktunya air diganti dengan cara yang benar.

Pakan Tidak Sesuai


Pakan tidak sesuai khusus jika kalian mengganti pakan atau memberikan pakan yang berbeda dengan sebelumnya. Jadi bisa saja ikan lele di kolam kalian tidak suka dengan pakan tersebut. Tetapi jika sebelumnya atau selama ini menggunakan pakan tersebut tetapi tiba-tiba tidak dimakan kemungkinan besar disebabkan oleh faktor lain dan bukan dari pakannya.

Suhu Kolam Terlalu Tinggi


Suhu disini yaitu suhu yang terlalu tinggi khususnya saat siang hari di musim kemarau. Supaya ikan tetap nafsu makan dan tidak mati saat musik kemarau kolam lele memang harus ditutup secara penuh atau sebagian saja supaya tidak seharian terkena sinar matahari. Lebih baik sinar matahari pagi saja dan siangnya ditutup.

Ikan Lele Sakit


Dan yang terakhir karena ikan tersebut sakit. Jika hanya beberapa yang tidak nafsu makan atau indukan yang tidak nafsu makan bisa saja indukan lele tadi sedang sakit. Kalian bisa lakukan pengobatan sebelum terlambat sebisa mungkin atau bisa cari tau terlebih dahulu lewat internet

Untuk mencegah kegagalan budidaya tanpa mentor budidaya apapun itu lebih baik dari sedikit atau kecil. Selain untuk belajar ini mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi yang bisa membuat kalian rugi.

Trial and error saat budidaya sangatlah penting. Bukan seberapa banyak ikan yang bisa kalian budidaya tetapi kualitas dari budidaya lah yang penting. Kecuali jika kalian memiliki mentor yang siap memberi saran dan bantuan.

Selain lele ikan yang bisa kalian coba untuk budidaya yaitu ikan gabus, tetapi ini sedikit sulit. Jika kalian belum tau cara membedakan antara ikan gabus jantan dan betina kalian bisa baca artikel mengenai cara membedakan ikan gabus yang ingin dijadikan indukan.


EmoticonEmoticon