Cara Mengatasi Kipas Motor Beat dan Vario Yang Berbunyi Nyaring atau Kasar

Cara Mengatasi Kipas Motor Beat dan Vario Yang Berbunyi Nyaring atau Kasar

KEPOINDONESIA.id - Bunyi di motor matik yang tidak menggunakan sistem pendingin cairan atau radiator berasal dari kipas yang ada di sisi kanan mesin. Kipas ini berfungsi sebagai pendingin mesin supaya mesin tidak kepanasan atau overheat.

Karena desain motor matik yang bagian depannya tertutup rapat tidak seperti motor bebek maka kipas ini berperan sangat penting. Efeknya tidak akan sebagus dengan udara langsung yang lewat di sela-sela mesin tetapi ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

Jika sudah menggunakan sistem pendingin cairan kipas tidak tidak dibutuhkan lagi dan digantikan sebagai tempat radiator. Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai suara kipas dari motor matik yang sangat kencang sekali.

Baik di motor Honda seperti Beat dan Vario atau di motor Yamaha seperti Mio dan Gear. Ada 2 hal yang perlu kalian ketahui mengenai suara kipas motor matik yang terdengar kencang. Untuk tau apa saja dua hal tadi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi remote keyless Nmax yang tidak berfungsi serta cara mengatasi lampu rem belakang sepeda motor yang tidak mau menyala.

Kipas Motor Matik Berbunyi Nyaring


Apabila bunyinya nyaring kalian tidak perlu panik dan tidak perlu di servis segera tetapi jika mau bisa langsung kalian servis. Kendala bunyi kipas mesin motor matik yang nyaring dikarenakan kipas tersebut sudah kotor dan banyak debunya.

Karena putaran sedikit terganggu jadi bunyinya tidak halus sedikit nyaring atau terkadang sangat nyaring. Bukan masalah yang berarti yang perlu tindakan cepat, tetapi demi kenyaman kalian lebih baik segera ambil tindakan leboh lanjut.

Kipas Motor Matik Bunyi Kasar


Jika bunyinya kasar ini perlu kalian perhatikan karena jika dibiarkan saja bisa merembet ke komponen lainnya. Untuk bunyi kasar penyebabnya bervariasi dan tidak disebabkan karena kipas itu sendiri.

Bisa saja as dari kipas yang terhubung dengan mesin yang bermasalah. Jika dibarengi dengan tenaga mesin yang loyo serta bunyi yang sangat kasar lebih baik langsung bawa ke bengkel untuk di identifikasi dan segera diperbaiki.

Bagi sebagian pengguna motor matik bunyi dari kipas ini memang sangat syahdu, asalkan bunyinya tidak kasar dan tidak terlalu nyaring. Bahkan bisa di modifikasi supaya suara dari kipas tadi seperti suara turbo.

Yang jelas kipas ini ada fungsinya dan bukan sekedar pajangan. Jangan sesekali kalian lepas atau diganti dengan yang tidak standar yang hasil anginnya tidak banyak dan kencang. Karena akan berefek pada mesin motor kalian yang akan cepat overheat.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri jika kalian kesulitan memasang spion di motor Yamaha yang cara pasangnya berbeda dengan motor Honda kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi permasalahan tersebut.


EmoticonEmoticon