Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Lele Menggantung dan Tidak Bergerak

Penyebab dan Cara Mengatasi Ikan Lele Menggantung dan Tidak Bergerak

KEPOINDONESIA.id - Ikan lele salah satu ikan air tawar yang banyak dibudidayakan. Selain karena perawatannya yang mudah budidaya ikan lele terbilang sangat menguntungkan. Selain mudah ikan lele juga memiliki daya tahan tubuh yang bagus jadi tidak mudah mati.

Ikan lele bisa dibudidayakan di tempat yang terbatas sampai ditempat yang luas sesuai dengan budget dan perhitungan masing-masing. Bahkan untuk konsumsi pribadi ikan lele bisa dipelihara di kolam kecil bahkan disebuah ember dan kaleng.

Saat kalian melakukan budidaya ikan lele yang padat memang tidak akan terlihat masalah-masalah yang sering ditemui pada budidaya ikan lele yang dalam satu kolamnya tidak terlalu banyak ikan lelenya.

Masalah yang saya maksud yaitu ikan lele yang menggantung atau sering juga disebut ikan lele yang berdiri. Karena dikolam yang padat semua ikan lele bergerak terus jadi ikan lele tidak akan terlihat seperti ini.

Jika ikan lele yang ada di kolam menggantung apa yang harus kita lakukan? apa itu berbahaya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan jelaskan mengenai ikan lele yang menggantung serta apa penyebabnya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti berapa kali mengganti air di kolam ikan lele serta apa bedanya ikan nila dengan ikan mujair.

Penyebab Ikan Lele Berdiri atau Menggantung


Ikan Lele Terlalu Kenyang


Penyebab umum yang biasanya terjadi di kolam lele yang tidak padat yaitu karena ikan lele terlalu kenyang. Ikan lele di kolam yang tidak padat pasti berbeda dengan kolam yang padat, karena di kolam yang padat ikan lele akan berebutan makanan.

Sedangkan di kolam yang tidak padat ikan lele bisa makan sekenyangnya. Untuk penyebab yang ini tidak ada yang perlu kalian lakukan. Tunggu saja sampai ikan lele selesai istirahat maka ikan lelenya akan seperti semula kembali dan jangan beri makan terlalu banyak.

Kualitas Air Menurun dan Minta Ganti


Selain karena ikan lele kekenyangan atau perutnya yang penuh, ikan lele yang menggantung juga bisa disebabkan karena kualitas air yang menurun. Kotoran, sisa pakan, atau yang lainnya membuat kualitas air menjadi menurun.

Air yang buruk sudah dipastikan konsentrasi ammonia nya tinggi. Ciri konsentrasi ammonia yang tinggi ialah bisa diketahui dari baru air yang sangat menyengat dan mengganggu. Tindakan yang perlu dilakukan yaitu mengganti air 50%-70% dari volume air di dalam kolam.


Ikan Lele Sedang Sakit


Misalnya air didalam kolam sudah diganti tetapi ikan masih menggantung dengan ciri perut membesar seperti kembung itu menandakan bahwa ikan sedang sakit. Selain perut kembung penyakit yang biasanya menyerang ikan lele yaitu adanya bintik-bintik di kepala ikan lele.

Tindakan yang bisa kalian lakukan yaitu pemberian obat. Silakan cari obat yang sesuai dengan ciri-ciri ikan lele yang kalian pelihara dan budidayakan. Jangan sampai salah mengidentifikasi karena setiap penyakit terkadang obatnya berbeda.

Asalkan air dalam kolam rutin diganti dan pemberian pakan lele yang benar dan tidak berlebihan ikan lele seharusnya sehat dan normal. Karena terlihat sederhana tetapi tetap ada hal-hal penting yang perlu kalian ketahui saat membudidayakan ikan lele ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan. Misalnya kalian suka lele tetapi tidak tahan dengan bau amisnya kalian bisa baca tips cara menghilangkan lendir dan bau amis yang ada di ikan lele. Saya jamin lendir dan bau amisnya akan hilang saat ikan lele dimasak.


EmoticonEmoticon