Sabtu, 27 Juli 2019

5 Cara Membedakan dan Mengetahui Kelamin Ikan Gabus Jantan atau Betina

5 Cara Membedakan dan Mengetahui Kelamin Ikan Gabus Jantan atau Betina

KEPOINDONESIA.id - Jika kalian salah satu orang yang hobi memancing, pasti sudah tau ikan air tawar apa yang paling sering ditemui di sungai atau kali, yaitu Ikan Lele dan Ikan Gabus. Kedua ikan tersebut selain bisa didapatkan dari memancing, sekarang sudah banyak yang dibudidayakan, walaupun budidaya ikan gabus tidak terlalu populer seperti budidaya ikan lele. Dan jika kalian tertarik dengan budidaya ikan gabus, hal yang pertama kalian harus ketahui ialah jenis kelamin ikan gabus.

Tidak seperti pada hewan darat seperti Kambing, Sapi, Kelinci, Kerbau, Ayam, ataupun Burung, untuk membedakan jantan dan betina pada ikan agak sedikit berbeda, namun jika sudah paham betul ikan masih dalam kolam pun kita bisa tebak bahwa itu betina atau jantan. Jika itu betina yang bagus, bisa kita tangkap untuk indukan gabus yang bagus jika kita melihatnya di alam.

Manfaat ikan gabus ini sangat banyak sekali, lebih bagus dari pada ikan lele. Karena di luar negeri seperti di Jepang ikan gabus ini sangatlah diminati. Untuk di daerah saya, ikan ini juga sering disebut ikan kutuk. Dan jika masih kecil atau baru lahir anak ikan gabus disebut bayongan, jika sudah seukuran jari kelingking sampai ukuran jempol kaki orang dewasa bisa lebih besar sedikit sering disebut licingan.

Dan ikan gabus yang sudah lumayan besar atau ikan yang sudah mau dewasa disebut kocolan. Banyak memang sebutan untuk ikan yang satu ini berdasarkan ukurannya. Manfaat terbesar ikan ini yaitu untuk obat, jadi kalian bisa memasak ikan gabus untuk obat, salah satunya sebagai obat penyakit kulit.

Kembali ke topik, lalu bagaimana cara membedakan ikan gabus atau ikan kutuk yang jantan dan betina? caranya mudah sekali kalian bisa melihatnya dari kondisi fisiknya tanpa memegang ikan gabusnya sekalipun. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengetahui ciri-ciri kambing yang sehat untuk aqiqah ataupun untuk kurban.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Gabus


1. Warna Ikan Gabus

Mungkin cara untuk membedakan jenis kelamin ikan gabus paling gampang yaitu berdasarkan warnanya. Mungkin bagi kalian yang tidak sadar, warna semua ikan gabus ini bisa dibilang hampir sama, namun nyatanya tidak. Untuk ikan gabus jantan memiliki warna yang kehitaman dan untuk gabus betina cenderung memiliki warna kulit yang lebih cerah. Bisa dibilang warna ikan gabus jantan lebih gelap dari pada ikan gabus betina.

2. Bentuk Kepala Ikan Gabus


Berikutnya kita bisa membedakannya dari bentuk kepala ikan gabus. Mungkin yang sering mancing akan sadar bahwa kadang ada ikan gabus yang kepalanya kecil dengan mulut yang kecil juga serta ada ikan gabus yang kepalanya besar dengan mulut yang sangatlah lebar. Jadi ikan gabus jantan memiliki bentuk kepala runcing cenderung oval dan yang betina memiliki bentuk kepala yang bulat.

3. Bentuk Perut Ikan Gabus


Mungkin untuk ciri yang satu ini agak susah jika kita tidak memegang ikan gabusnya secara langsung. Untuk ikan gabus betina memiliki bentuk berut yang lebih besar daripada ikan gabus jantan. Ini akan terlihat jelas jika kita pegang dengan tangan.

4. Ikan Gabus Betina Memiliki Telur


Jika perut ikan gabus diurut dan keluar telur maka ikan tersebut dipastikan ikan gabus betina dan sebaliknya jika tidak ada maka ikan tersebut jantan.

5. Lubang Merah Ikan Gabus


Dan terakhir untuk menentukan ikan gabus jantan atau betina ialah dari lubang merahnya. Jika ikan tersebut jantan, maka jika lubang merah diurut akan keluar cairan.

Nah mungkin itu dia cara membedakan ikan gabus betina dan jantan, pemula pun pasti akan mudah mengetahui jenis kelamin ikan gabus yang dilihatnya. Dan jika kalian memiliki kucing anggora dirumah, kalian wajib tau merk dan makanan kucing anggora yang bisa dibuat sendiri dirumah.


EmoticonEmoticon