Penyebab dan Cara Memperbaiki Sinyal Hilang di iPhone Setelah Update iOS ke Versi Terbaru

Penyebab dan Cara Memperbaiki Sinyal Hilang di iPhone Setelah Update iOS ke Versi Terbaru

KEPOINDONESIA.id - Pembaruan iOS versi terbaru memang paling ditunggu oleh pengguna iPhone. Karena memang setiap update atau pembaruan yang dirilis oleh Apple memberikan fitur baru dan performa yang lebih stabil daripada sebelumnya. Setiap pembaruan tidak hanya bagus-bagusnnya saja tetapi terkadang ada jeleknya seperti bug yang tidak terduga.

Setiap pembaruan sistem operasi atau OS bug pasti ada apapun sistem operasi yang digunakan. Mulai dari Android, iOS, Windows, MacOS, dan sistem operasi lainnya yang memang tidak populer. Bug tidak bisa dihindari dan ini sifatnya bisa merata atau random dalam sekali kecil hingga besar. 

Untuk mengatasi bug tentu perlu perbaikan yang diperlukan di update berikutnya. Apabila kalian pengguna iPhone dan sering nongkrong di forum iPhone ketika ada update iOS terbaru bukannya senang tetapi beberapa pengguna merasa cemas. Cemas karena apa? cemas apabila melakukan update sinyal atau jaringan di iPhone yang mereka miliki hilang dan menjadi tidak ada layanan. 

Bukan tanpa alasan karena yang mengalami sinyal hilang setelah update iOS cukup banyak. Sinyal hilang dan menjadi tidak ada layanan sebenarnya menjadi hal biasa di perangkat iPhone. Bukan kualitas iPhone yang buruk tetapi penggunaan yang kurang baik dan rata-rata pengguna tidak mau mengakui kesalahannya. 

Di perangkat Android sinyal hilang juga sangat sering terjadi bahkan di beberapa tipe ada yang menjadi penyakit bawaan yang artinya cepat atau lambat HP yang kalian miliki pasti akan hilang sinyalnya. Untuk lebih jelas mengenai sinyal yang hilang setelah update iOS kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. 

Akan saya bahas apa sebenarnya yang terjadi dan apakah memang update iOS bisa menyebabkan sinyal hilang. Apabila bukan karena update iOS lalu karena apa? simak artikel ini sampai selesai supaya kalian menjadi tau dan tidak takut lagi jika ingin memperbarui iOS di iPhone yang kalian miliki.

Namun sebelum itu saya sudah pernah membahas beberapa pembahasan mengenai iPhone. Apabila kalian ingin tau kalian bisa baca artikel mengenai cara merawat tombol silent di iPhone supaya tidak cepat rusak serta solusi apabila Apple Pencil tidak bisa pairing atau terhubung

Apakah Update iOS Bisa Membuat Sinyal Hilang?


Jawabannya adalah iya, tetapi kemungkinan ini sangat kecil. Update iOS hubungannya dengan software dan sinyal yang hilang rata-rata karena komponen hardware yang sudah bermasalah. Walaupun begitu tetap saja bisa terjadi tetapi seperti yang sudah saya jelaskan kemungkinannya kecil.

Faktor utama kenapa setelah update iOS sinyalnya hilang ini karena bug. Dan bisa terjadi di seri iPhone apa saja dari iPhone 7 series, iPhone 8 series, iPhone 11 series, iPhone 13 series, dan yang paling baru. Solusinya apa? untuk solusinya akan saya bahas di bagian solusi mengatasi sinyal yang hilang setelah update iOS.

Solusi dan Memperbaiki Sinyal Yang Hilang Setelah Update iOS


Mulai Ulang iPhone, Yang pertama kalian bisa mulai ulang atau reboot iPhone yang kalian miliki setelah proses pembaruan iOS selesai.

Reset Jaringan iPhone, Apabila dengan mulai ulang belum berhasil silakan kalian reset jaringan iPhone yang kalian miliki. Caranya akses Pengaturan>Umum>Atur Ulang>Atur Ulang Jaringan.

Coba Ganti Kartu SIM, Berikutnya kalian bisa coba ganti kartu SIM siapa tau kartu SIM yang kalian gunakan sekarang bermasalah.

Tunggu Pembaruan iOS Berikutnya, Supaya iPhone yang kalian miliki tidak tambah parah bermasalah saran saya tunggu sampai ada pembaruan iOS selanjutnya. Atau jika mau kalian bisa gunakan opsi reset semua data iPhone kalian atau downgrade ke versi iOS dibawahnya atau versi iOS yang sebelumnya kalian gunakan.

Penyebab Yang Bisa Membuat Tidak Ada Layanan di iPhone


IC Baseband Rusak, IC Baseband salah satu komponen penting di perangkat iPhone dan jika rusak sinyal akan hilang. Sebelum diperbaiki atau diganti maka iPhone kalian tidak akan bisa menangkap sinyal seluler sama sekali.

IMEI Diblokir atau Tidak Terdaftar
, Seperti yang kalian ketahui peraturan di Indonesia tentang produk ponsel dan smartphone kini sangat ketat. Apabila tidak terdaftar resmi maka kemungkinan IMEI akan diblokir cukup tinggi dan apabila diblokir maka sinyal tidak akan muncul.

Bug atau Error, Dan yang terakhir karena bug atau error. Ini sifatnya sementara tetapi jika tidak kunjung mendapatkan perbaikan sama saja menjadi lama. Kalian bisa coba mulai ulang iPhone kalian atau reset semua data. Apabila ada pembaruan iOS ke versi terbaru bisa kalian perbarui supaya bug yang tadi hilang.

Bisa dibilang untuk masalah sinyal iPhone hilang setelah update iOS dan menjadi tidak ada layanan ini seperti apes-apesan. Bisa dialami siapa saja dan memang tidak bisa diprediksi. Banyak pengguna iPhone yang mengira karena saat proses update iPhone menjadi panas maka sinyalnya jadi hilang.

Apa memang begitu? saya sendiri kurang yakin. Tetapi untuk menghindari hal-hal hang tidak diinginkan kalian wajib melakukan update ketika baterai iPhone dalam kondisi penuh dan jika bisa berada di ruang ber AC, jika tidak bisa letakkan iPhone di lantai supaya suhu perangkat tetap terjaga dan relatif lebih dingin.

Selain apa yang sudah saya bahas kalian perlu tau hal-hal lainnya mengenai iPhone. Apabila kalian penasaran kalian bisa baca kenapa iPhone 11 harganya masih stabil dan cenderung naik di tahun 2023 dan kemungkinan tetap akan mahal di tahun 2024? jika tidak tau alasannya kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut. 


EmoticonEmoticon