Penjelasan Kenapa Muncul Buat Salinan di Aplikasi Kinemaster Saat Edit Video

Penjelasan Kenapa Muncul Buat Salinan di Aplikasi Kinemaster Saat Edit Video

KEPOINDONESIA.id - Kinemaster adalah aplikasi edit video paling populer yang memiliki fitur terlengkap di Android. Sebenarnya ada banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan di Android, tetapi menurut saya Kinemaster adalah yang terbaik.

Selain Kinemaster ada juga aplikasi video editing yang bisa kalian gunakan yaitu PowerDirector. Konsep dari PowerDirector dan Kinemaster hampir sama, tidak seperti aplikasi edit video yang lainnya seperti VivaVideo.

Jika kalian membutuhkan aplikasi video editing untuk di unggah ke YouTube dengan orientasi landscape maka kedua aplikasi tadi wajib kamu gunakan. Sedangkan jika kalian ingin mengedit video dengan rasio 1:1 atau persegi seperti video untuk Instagram kalian bisa menggunakan VivaVideo, karena fitur di VivaVideo lebih cocok untuk video Instagram.

Kembali ke topik, jika kalian menggunakan aplikasi Kinemaster pasti sering menemui peringatan bahwa aplikasi Kinemaster membutuhkan salinan video dengan resolusi tertentu, sebagai contoh 720p atau 480p.

Peringatannya seperti ini "Klip video (....x....) melebihi resolusi maksimum yang didukung untuk menyunting pada perangkat ini (1280x720). Apakah Anda ingin membuat salinan 720p dari klip ini?". Jika kita tidak membuat salinan, maka proses editing tidak bisa dilakukan.

Kenapa muncul peringatan seperti itu? Di aplikasi Kinemaster terbaru baik versi original atau Mod pasti akan muncul peringatan tersebut. Peringatan tersebut sebenarnya membantu kalian untuk mencegah video tidak bisa di render setelah di edit.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak beberapa penjelasan saya dibawah ini mengenai salinan video di Kinemaster. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi aplikasi Kinemaster tidak terpasang dan cara mengatasi lapisan video terlampaui batas.

Penyebab Kinemaster Membuat Salinan Video


1. Spesifikasi Perangkat Terbatas


Yang pertama yaitu karena spesifikasi perangkat kita terbatas hanya pada resolusi tertentu saja. Sebagai contoh jika perangkat kita hanya bisa merender video dengan maksimal resolusi 720p saja, maka jika ada video lebih dari 720p yang ingin di edit wajib untuk membuat salinan.

Jika kita tidak membuat salinan maka proses editing tidak akan bisa dilakukan karena video tidak bisa diedit. Sebenarnya ini adalah cara pencegahan supaya kejadian hasil editing tidak bisa di render tidak terjadi.

Seperti pada aplikasi Kinemaster versi terdahulu dengan peringatan "An error occurred while exporting and exporting cloud not be completed. Please try again.". 

2. Resolusi Video Terlalu Tinggi


Jika resolusi video yang ingin di edit terlalu tinggi maka sudah dipastikan kita wajib membuat salinan video tersebut. Untuk kualitas video apakah akan turun? Pasti turun tetapi tidak terlalu signifikan.

Mungkin yang sedikit menyebalkan yaitu jika video asli memiliki ukuran yang besar maka proses membuat salinan nya akan memakan waktu yang cukup lama. Ini sama saja kita merender video sebelum kita mengeditnya.

3. Resolusi Video Terlalu Rendah


Selain terlalu tinggi, jika resolusi video terlalu rendah maka akan perlu salinan video juga untuk membuat resolusi video tadi sama seperti video yang lainnya. Ini biasanya terjadi jika kita mengambil video dari Facebook, karena jelas video yang di Facebook kualitasnya sangat buruk sekali.

Nah mungkin itu dia beberapa penjelasan mengenai buat salinan di aplikasi Kinemaster saat ingin melakukan editing video. Hal tersebut sangat wajar terjadi supaya kegagalan saat rendering video tidak terjadi setelah kita selesai melakukan proses editing.

Dan bagi kalian yang tidak tau cara meningkatkan suara menggunakan aplikasi Kinemaster, kalian bisa baca tutorial yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah pernah saya bahas bagaimana cara meningkatkan volume video dengan aplikasi Kinemaster saat proses editing.

Untuk sekarang selain Kinemaster, PowerDirector, dan VivaVideo kalian juga bisa menggunakan aplikasi CapCut atau VN. VN dan CapCut konsepnya sama seperti VivaVideo hanya saja lebih dikembangkan yang membuat fiturnya sangat banyak sekelas aplikasi video editing di perangkat desktop. 


EmoticonEmoticon