3 Cara Mengatasi Termux Tidak Bisa Install Git, Package, atau Perintah Lainnya

3 Cara Mengatasi Termux Tidak Bisa Install Git, Package, atau Perintah Lainnya

KEPOINDONESIA.id - Saat menggunakan perangkat desktop Seperti Windows kita bisa dengan mudah menjalankan perintah command prompt karena di Windows disediakan program CMD. Dengan CMD kalian bisa dengan mudah menjalankan perintah command sederhana seperti PING dan lain sebagainya.

Selain di Windows untuk perangkat desktop lainnya seperti macOS dan Linux juga memiliki program yang serupa jadi memang di perangkat desktop diperuntukan untuk menjalankan perintah command tadi.

Bagaimana dengan perangkat mobile seperti Android dan iOS? tentu saja bisa. Hanya saja memerlukan aplikasi tambahan dari pihak ketiga dan aplikasi yang saya maksud ialah Termux. Termux banyak digunakan oleh pengguna perangkat mobile untuk menjalankan perintah command prompt.

Cukup banyak kode perintah Termux yang mungkin pernah kalian lihat atau pernah kalian coba. Mulai dari apt update && apt upgrade, apt update, apt upgrade, git clone, pkg install, pip install, pkg help, dan masih banyak yang lainnya.

Nah yang akan saya bahas kali ini mengenai Termux yang tidak bisa menjalankan salah satu perintah pada perintah tersebut benar. Masalah ini cukup banyak di alami oleh pengguna Termux dan yang masih pemula pasti akan kebingungan.

Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi Termux yang tidak bisa menjalankan perintah command. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya seperti cara mengatur sensitivitas Touchpad Laptop serta apa yang dimaksud dengan About Blank di halaman web.

Cara Mengatasi Termux Yang Error Tidak Bisa Menjalankan Perintah


1. Perbarui Aplikasi Termux


Yang pertama kalian bisa coba perbarui aplikasi Termux untuk mengatasi permasalahan Termux yang error dan tidak bisa menjalankan perintah seperti perintah git ataupun package. Cara ini bisa kalian lakukan jika memang ada pembaruan aplikasi Termux.

Jika tidak ada pembaruan aplikasi Termux kalian bisa pastikan lagi bahwa perintah yang kalian ketik sudah benar. Karena salah satu huruf dan spasi bisa membuat perintah yang berbeda dan menyebabkan error.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi Termux


Jika kalian sudah perbarui aplikasi Termux tetapi tetap saja Termux error saat digunakan kalian bisa coba hapus cache aplikasi Termux terlebih dahulu. Jika hapus cache tidak manjur alias tetap bermasalah kalian bisa coba hapus data aplikasinya.

3. Install Termux Versi Sebelumnya atau Versi Lain


Dan yang terakhir karena bug atau batasan fitur yang ada di versi aplikasi Termux yang kalian gunakan sekarang. Pengalaman saya terakhir menggunakan Termux beberapa bulan yang lalu aplikasi Termux versi terbaru gagal dan tidak bisa mendeteksi ketika ingin digunakan untuk membaca file di penyimpanan.

Sudah berbagai cara saya coba dan lakukan dan hasilnya sama saja. Tetapi ternyata masalahnya ada di aplikasi Termux yang saya gunakan. Setelah saya gunakan aplikasi Termux versi tertentu perintah yang sebelumnya gagal dan error akhirnya berhasil dijalankan di Termux.

Selain apa yang sudah saya sebutkan tadi kalian harus memastikan bahwa perintah yang kalian ketik sudah benar. Selain itu koneksi internet juga berperan cukup penting walaupun hanya teks itu semuanya data dan bekerja secara online.

Selama perintah yang kalian input benar kemungkinan masalah terjadi di versi aplikasi Termux yang kalian gunakan. Lebih baik install versi lama karena di versi terbaru terkadang akses dan fitur dibatasi karena perubahan kebijakan.

Sebelum saya akhiri mengenai masalah Termux ini jika kalian tidak tau perbedaan Allow dan Deny kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. Dulu opsi Allow dan Deny sangat sering kita jumpai tetapi untuk sekarang sudah sangat jarang.


EmoticonEmoticon