Cara Membuka Command Prompt (CMD) di Windows

Cara Membuka Command Prompt (CMD) di Windows

KEPOINDONESIA.id - Command Prompt atau yang sering disebut sebagai CMD adalah aplikasi command line interpreter (CLI) yang ada di perangkat Windows. Banyak perintah-perintah yang bisa kalian jalankan lewat CMD.

Secara umum CMD tidak akan muncul jika pengguna tidak membukanya. Akan tetapi dalam beberapa kasus Command Prompt sering muncul sendiri dan tidak mau hilang. Nah untuk pembahasan tersebut saya sudah pernah membahasnya.

Jika kalian tertarik kalian bisa baca penyebab CMD sering muncul sendiri dan tidak mau hilang. Sedangkan kali ini saya akan menjelaskan salah satu cara membuka aplikasi Command Prompt.

Ada beberapa cara untuk membuka dan menjalankan CMD, cara yang paling mudah dan paling banyak digunakan seperti yang akan saya jelaskan saat ini. Ada banyak sekali kegunaan CMD.

Salah satu kegunaan CMD yaitu untuk melakukan PING server. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja kalian simak tutorialnya dibawah ini. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca fungsi Minimize dan Maximize serta cara logout akun Wifi.id.

Cara Membuka CMD Dengan Mudah


1. Silakan kalian akses Windows Run dengan kombinasi keyboard Windows + R

Silakan kalian akses Windows Run dengan kombinasi keyboard Windows + R

2. Lalu ketik "CMD" lalu tekan OK atau Enter

Lalu ketik "CMD" lalu tekan OK atau Enter

3. CMD atau Command Prompt berhasil dibuka

CMD atau Command Prompt berhasil dibuka

Sangat mudah bukan cara membuka dan menjalankan CMD di Windows. Cara ini bisa dilakukan di Komputer atau Laptop asalkan sistem operasi yang digunakan yaitu Windows. Kalian tidak akan bisa melakukan cara ini di Linux atau di MacOS. 

Sebelum saya akhiri kalian perlu tau cara cek pembaruan aplikasi di Windows. Seperti halnya aplikasi yang ada di Play Store, aplikasi yang ada di Microsoft Store juga perlu di perbarui supaya kinerja aplikasi bisa maksimal. 


EmoticonEmoticon