Kamis, 13 Juni 2019

Perbedaan Mutasi & Rekening Koran, Cara Cek dan Fungsinya

Perbedaan Mutasi & Rekening Koran, Cara Cek dan Fungsinya

KEPOINDONESIA.id - Rekening Koran dan Mutasi Rekening, pasti kalian pernah mendengar 2 istilah tersebut bukan? Walaupun sebenarnya 2 hal tersebut sama namun ada sedikit perbedaan yang sangat mencolok. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas apa itu rekening koran dan apa itu mutasi rekening.

Mungkin untuk rekening koran ada dari beberapa orang yang baru tau, atau bahkan sudah tau namun tidak tau cara meminta nya ke pihak Bank dan tidak tau apa fungsi dari rekening koran itu. Sedangkan untuk mutasi, saya rasa setiap pemiliki kartu ATM apalagi yang menggunakan Internet Banking dan Mobile Banking sudah tau apa itu yang namanya mutasi.

Mutasi ini sering di gunakan untuk transaksi jual beli secara online, untuk mengetahui apakah orang yang ingin mengirimkan uang ke rekening kita memang sudah mengirimkan sejumlah uang atau belum. Karena jika dengan bukti transferan saja tidak cukup, karena bisa di edit.

Untuk itu silakan kalian simak penjelasan tentang rekening koran apa itu, fungsi nya buat apa serta apa yang dimaksud dengan mutasi. Namun sebelum lanjut alangkah baiknya kalian baca dulu pengertian nomor referensi nasabah serta cara melihat nomor rekening Jenius BTPN di aplikasi Jenius.

Rekening Koran


Rekening Koran adalah ringkasan semua transaksi keuangan secara menyeluruh dari sutau rekening berapapun nominalnya baik berupa rekening Individu atau rekening badan usaha. Rekening koran ini dapat memberikan informasi seperti saldo awal bulan, mutasi debit, mutasi kredit, dan saldo akhir bulan.

Rekening Koran

Selain itu aktivitas dari rekening kita juga terlampir seperti tanggal dan jam saat transaksi. Untuk meminta rekeking koran sendiri kalian cukup datang ke Bank dengan syarat-syarat sebagai berikut.

Syarat Cetak Rekening Koran


1. Buku Tabungan Asli

2. Kartu Identitas

3. Kartu Debit

4. Sejumlah Uang

Yak, kalian wajib membawa sejumlah uang karena untuk mencetak rekening koran harus memakai biaya. Berikut contoh biaya cetak rekening koran di beberapa Bank

  • Bank BCA: Rp 2.500/lembar
  • Bank Permata: Rp10.000/lembar
  • Bank Mandiri: Rp2.500/lembar (transaksi 3 bulan terakhir), Rp5.000/lembar (6 bulan)
  • Bank BNI: Rp2.500 sampai dengan Rp3.000/lembar
  • Bank BRI: Rp25.000/lembar (lebih dari 12 bulan)


Fungsi Rekening Koran


1. Mengetahui Semua Ringkasan Transaksi

2. Mengajukan Visa

3. Mengajukan Pinjaman

4. Untuk Mengikuti Lelang

5. Audit Keuangan Perusahaan

Selain itu rekening koran juga bisa untuk melihat transaksi yang tidak muncul di mutasi karena sudah melewati batas transaksi yang dapat dilihat melalui mutasi. Untuk pengertian dan fungsi mutasi sendiri kalian bisa simak penjelasan dibawah ini.

Mutasi Rekening


Mutasi Rekening atau Mutasi adalah history atau rincian transaksi sebuah rekening baik transaksi masuk atau keluar. Berbeda dengan rekening koran, mutasi ini beda Bank beda jumlah mutasi yang dapat ditampilkan. Sedangkan untuk rekening koran akan sama Bank yang satu dengan yang lain sesuai yang diminta oleh nasabah.

Mutasi Rekening

Selain itu ada beberapa juga yang mutasi hanya akan bertahan mulai 7 hari sampai 1 bulan, setelah itu hilang dan jika ingin mengeceknya kita harus mencetak rekening koran. Untuk Cara cek mutasi sangatlah mudah, berikut cara cek mutasi rekening.

Cara Cek Mutasi Rekening


1. Via ATM

2. Via SMS Banking

3. Via Internet Banking

4. Via Mobile Banking

Keunggulan mutasi ini yaitu untuk cara ceknya sangatlah mudah tidak seperti rekening koran, jadi bisa digunakan untuk transaksi online.

Nah itu dia seputar rekening koran dan mutasi rekening. Sebenarnya antara rekening koran dan mutasi rekening bisa dibilang sama saja, namun ada sedikit perbedaan untuk jumlah riwayat transaksi yang ditampilkan dan cara untuk melihatnya.

Dan untuk kalian jika tidak tau cara pengajuan Rupiah Cepat yaitu tempat untuk meminjam uang secara online dengan mudah, kalian bisa baca cara daftar Rupiah Cepat dengan mudah. Karena banyak yang belum tau soal rupiah cepat tersebut.


EmoticonEmoticon