Efek, Kekurangan, atau Akibat Mengganti APN Data Seluler

Efek, Kekurangan, atau Akibat Mengganti APN Data Seluler

KEPOINDONESIA.id - Apakah kalian sering mengganti APN internet yang kalian gunakan? apakah ada efeknya? koneksi internet menjadi lebih cepat atau stabil? saya sendiri kurang tau. Apakah benar-benar bisa mempercepat koneksi internet atau hanya sekedar sugesti saja.

APN atau Access Point Name sudah sejak lama sering dimodifikasi oleh pengguna supaya bisa mendapatkan pengalaman mengakses internet yang menyenangkan. Secara default pihak operator seluler sudah menentukan APN standar yang bisa digunakan.

Tidak hanya satu biasanya APN standar dari pihak operator bisa 3 atau lebih. APN standar tentu sudah diuji dan sudah layak digunakan untuk penggunaan standar. Sebenarnya untuk APN default atau standar dari pihak provider sudah lebih dari cukup.

Tetapi di beberapa situasi merubah APN perlu dilakukan supaya akses internet lebih lancar lagi. Apa ada efek jika kita mengganti APN internet? pasti kalian yang belum pernah mengganti sedikit ragu dan takut.

Benar-benar aman atau tidak, supaya kalian tau dan tidak penasaran kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi mengatasi paket Unlimited Smartfren sudah FUP serta solusi mengatasi data seluler tidak muncul saat diaktifkan.

Bahaya atau Efek Mengganti APN Internet


Untuk bahaya tentu saja tidak ada, karena jika berbahaya jelas setelan APN tidak bisa di edit begitu mudah. Dari pada disebut bahaya mungkin ada beberapa efek jika APN yang kalian gunakan tidak sesuai.

Walaupun APN default jika APN tersebut sudah tidak layak dan usang kinerjanya juga kurang. Sebagai contoh operator seluler 3. Dulu APN defaultnya 3gprs, akan tetapi untuk sekarang 3data yang lebih luas arti dan pengertiannya.

Jangan Salah Isi APN


Jika APN yang kalian gunakan bermasalah seperti ada bagian yang tidak tepat, kurang, atau lebih maka akan menimbulkan masalah. Mulai dari data seluler tidak muncul, tidak bisa digunakan untuk mengakses internet, tidak bisa mengakses situs tertentu, sampai lemot.

Untuk itu saat ingin merubah dan mengganti APN kalian bisa cari referensinya terlebih dahulu di internet. Baik APN default dari masing-masing operator seluler atau APN yang dibuat langsung oleh beberapa pengguna.

Untuk kelebihan masing-masing tidak akan saya bahas, kalian bisa cari tau sendiri. Yang pasti mengganti APN tidak berbahaya. Hanya saja ada efeknya jika APN yang digunakan tidak tepat dan sesuai karena kesalahan APN membuat perangkat tidak terhubung ke internet.

Seperti nomor pusat pesan, jika nomor tersebut tidak sesuai atau salah maka kalian tidak akan bisa mengirim SMS. Itu saja pembahasan saya mengenai kelebihan dan kekurangan mengubah APN internet semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Ingin membalas SMS dari nomor operator tetapi tidak bisa karena tertulis pesan tidak mendukung balasan? jika kalian pernah atau sering mengalaminya kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas mengenai hal tersebut.


EmoticonEmoticon