Cara Beli dan Tempat Beli Bea Meterai Secara Online dan Offline

Cara Beli dan Tempat Beli Bea Meterai Secara Online dan Offline

KEPOINDONESIA.id - Apakah kalian tau apa sebenarnya Materai itu? saya yakin masih banyak yang belum tau fungsi dari materai. Bahkan saya yakin banyak juga yang belum tau mengenai Bea Meterai atau yang sering disebut dengan Materai.

Bea Meterai atau Materai salah satu pelengkap penting saat membuat dan menandai perjanjian atau sebuah dokumen penting. Bisa dikatakan jika ada baterai perjanjian tersebut bisa dipertanggung jawabkan oleh orang bersangkutan yang ada di dokumen atau perjanjian.

Dilansir dari Wikipedia, Bea Meterai atau yang sering disebut Materai merupakan sebuah bentuk pajak pada dokumen. Baik dokumen yang ditulis dengan tangan, cetakan, atau dokumen elektronik.

Selain itu yang perlu kalian perhatikan yaitu bahwa materai bukan alat yang digunakan untuk mengesahkan sebuah perjanjian. Karena sebuah perjanjian salah satu objek yang dikenakan pajak maka setiap perjanjian perlu Bea Meterai.

Karena yang membuat suatu perjanjian sah atau tidak tergantung dari perjanjiannya apakah memenuhi syarat yang disebutkan pada Pasal 1320 KUHPerdata atau tidak. Akan tetapi Materai bisa digunakan sebagai alat bukti di pengadilan oleh karena itu penggunaan Materai tidak boleh sembarangan.

Nah yang menjadi pertanyaan? dimana cara mendapatkan atau membeli Materai ini? karena jarang yang membutuhkannya maka Bea Meterai tidak dijual luas. Untuk tau dimana cara mendapatkan dan membeli Bea Meterai kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Mungkin saja di beberapa tempat yang sering kalian kunjungi menyediakannya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa perbedaan kotrakan dengan kos-kosan serta apa arti dari tulisan PP yang biasanya ada di kendaraan umum seperti angkot.

Paling aman, paling mudah, dan pasti ada kalian bisa membeli Bea Meterai atau Materai di kantor Pos Indonesia terdekat yang ada di daerah kalian. Selain aman saya rekomendasikan karena pasti adanya.

Untuk materai 6000 kemungkinan sudah tidak ada karena mulai awal tahun 2022 materai yang berlaku di masyarakat yaitu Materai 10000. Atau mudahnya kalian bilang saja beli Bea Meterai atau Materai tanpa menyebutkan jenisnya.

Selain di kantor Pos Indonesia kalian juga bisa membelinya secara online baik di toko online atau di marketplace. Baik online atau offline yang terpenting materai yang dijual resmi atau asli dan harganya wajar.

Tetapi jika membelinya di kantor Pos sudah pasti aman karena dijamin asli. Jika ingin beli online dan aman kalian bisa belinya lewat Pos Indonesia secara online di situs meterai.posindonesia.co.id. Pilih registrasi dan ikuti instruksi yang ada.

Jadi untuk beli Bea Meterai atau Materai saran saya langsung ke kantor Pos terdekat di wilayah kalian. Jika kemungkinan memerlukan banyak kalian bisa membelinya lebih banyak karena harganya terbilang cukup murah.

Itu saja penjelasan dari saya mengenai cara beli atau tempat beli Materai 10.000. Sebelum saya akhiri jika registrasi kartu perdana baru kalian wajib menggunakan data asli kalian dan jangan gunakan data milik orang lain.


EmoticonEmoticon