3 Tips Supaya Tethering ke Laptop dan Komputer Tidak Boros Kuota

Tips Supaya Tethering ke Laptop dan Komputer Tidak Boros Kuota

KEPOINDONESIA.id - Tidak seperti HP, Laptop dan Komputer tidak bisa mengakses internet menggunakan data seluler secara langsung. Untuk bisa terhubung ke internet ada beberapa cara seperti terhubung ke ethernet, menggunakan modem, atau menggunakan wifi.

Sayangnya provider wifi tidak banyak yang masuk ke pelosok wilayah. Selain itu provider yang ada kurang memuaskan dan banyak calon pelanggan yang enggan memasang wifi. Untuk mengakalinya beberapa orang mengunakan mifi dan tethering hotspot.

Saya sendiri menggunakan tethering hotspot untuk Laptop yang saya gunakan sehari-hari. Saya menggunakan perangkat Android yang sudah jarang saya gunakan. Nah yang menjadi masalah saat tethering ke Komputer atau Laptop pasti kuota cepat habis.

Padahal tidak digunakan untuk streaming video ataupun download file dengan ukuran yang besar. Tetapi entah kenapa setelah digunakan untuk tethering kuota menjadi cepat habis. Untuk tau penyebab dan cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Karena saya akan menjelaskan tips supaya kuota internet tidak cepat habis saat digunakan tethering ke Laptop dan Komputer. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi FUP di operator Smartfren dan tips supaya TikTok tidak boros kuota internet.

Tips Supaya Tethering Hotspot ke PC Tidak Boros Kuota


1. Matikan Windows Update


Jika kalian menggunakan tehtering hotspot yang kuota internetnya terbatas saat menggunakan Laptop dan Komputer, wajib hukumnya untuk mematikan Windows Update. Selain mencegah kuota habis, ada hal yang lebih penting.

Karena jika Windows melakukan update dan kuota internet kalian habis bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Tenang saja misalnya kalian ingin melakukan update Windows kalian bisa melakukannya secara manual.

2. Matikan Pembaruan Otomatis Microsoft Store


Tidak hanya Windows Update, kalian juga perlu menonaktifkan pembaruan otomatis di Microsoft Store. Karena jika tidak kalian matikan secara otomatis akan memperbarui semua aplikasi yang memiliki pembaruan saat Laptop atau Komputer terhubung dengan wifi tethering.

Tidak seperti Windows Update, jika kehabisan kuota ini tidak akan menimbulkan masalah. Hanya saja jika tidak dimatikan bisa membuat kuota internet yang kalian gunakan untuk tethering menjadi cepat habis.

3. Aktifkan Metered Connection


Yang terakhir kalian wajib mengaktifkan Metered Connection pada wifi tethering yang kalian gunakan. Fitur ini berguna untuk membatasi koneksi internet atau bandwidth internet yang digunakan oleh sistem.

Bagaimana cara mengaktifkan Metered Connection? caranya mudah sekali. Caranya silakan akses Windows Setting>Networdk & Internet>Wi-Fi>Manage known networks>Pilih Wifi Tethering kalian>Properties>Set as metered connection.

Setelah melakukan tiga hal diatas, saya yakin saat melakukan tethering hotspot ke PC kalian kuota internet yang kalian gunakan awet dan tidak cepat boros. Kecuali secara sengaja kalian gunakan untuk streaming atau download file dengan ukuran besar.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat dan kuota internet kalian tidak boros lagi. Ingin melihat konten TikTok negara lain seperti Jepang dan Korea? kalian bisa baca artikel cara mengatur supaya video TikTok yang tampil dari negara lain.


EmoticonEmoticon