Perbedaan Format File JAR dan JAD Pada HP Java

Perbedaan Format File JAR dan JAD Pada HP Java

KEPOINDONESIA.id - Di artikel kali ini saya akan mengulas format aplikasi yang dulu sering kita jumpai yaitu JAR dan JAD. Apakah kalian tau? atau ada yang tidak tau?. Jika kalian tau pasti dulu kalian pernah menggunakan HP Java baik dari Nokia, Samsung, atau yang lainnya.

Jika kalian tidak tau berarti awal kalian memiliki HP sudah Android dan belum pernah merasakan keunikan mengoperasikan HP dengan sistem operasi Java dan Symbian. Jar dan Jad sebenarnya diperuntukan untuk HP Java.

Hanya saja karena sistem operasi Symbian juga bisa menginstall aplikasi Jar dan Jad maka setelah era Java dan ada Symbian aplikasi Java tetap masih populer. Dan kini hanya tinggal kenangan saja baik JAD, JAR, SIS, DAN SISX.

Jadi sebenarnya apa perbedaan antara JAD dan JAR? Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut lanjut kalian bisa baca artikel mengenai Trackpad dan Trackball serta apa yang disebut dengan HP Pocin.

Java Archive atau JAR


Java Archive
atau yang sering disebut dengan .JAR merupakan kumpulan file yang disatukan atau bisa dikatakan seperti di kompres layaknya file .RAR dan ZIP. File-file yang ada di dalam JAR bisa dilihat layaknya kamu melihat file .APK menggunakan aplikasi Root Explorer.

Bisa disimpulkan JAR merupakan format aplikasi yang berisikan aplikasi-aplikasi Java yang berjumlah satu atau lebih yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi Java, semuanya ada di dalam file dengan format .Jar tadi.

Java Application Descriptor atau JAD


Selain Java Archive ada juga yang disebut dengan Java Application Descriptor atau JAD. JAD merupakan file yang mendeskripsikan tentang aplikasi Java (MIDlet) yang merupakan aplikasi Java yang ada didalam file JAD tersebut.

JAD sendiri sebetulnya hanya sebuah file teks biasa, yang bila dilihat isinya mirip sekali dengan Manifest yang ada didalam file JAR. Namun ada Informasi tambahan yang ada di file JAD, yaitu URL yang mengarah ke file JAR.

Bisa disimpulkan bahwa untuk format aplikasi utama yang ada di Java ialah JAR, sedangkan JAD sebagai file tambahan untuk menjalankan isi file yang ada di JAR atau bisa dikatakan data tambahan yang dibutuhkan untuk menginstall dan menjalankan aplikasi JAR.

Oleh karena itu tidak heran jika file .JAD ukurannya lebih kecil daripada .JAR. JAR merupakan file dengan isi Java sesungguhnya sedangkan JAD hanya sebagai jalan yang membutuhkan koneksi internet untuk bisa sampai ke tujuan.

Itu saja pembahasan dari saya, sedikit menambah wawasan kalian serta sedikit bernostalgia. Cukup sekian penjelasan dari saya sebelum saya akhiri kalian perlu tau solusi mengatasi kesalahan kamera saat membuka aplikasi kamera di Android.


EmoticonEmoticon