4 Solusi Tethering Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan

4 Solusi Tethering Hotspot Tidak Bisa Diaktifkan

KEPOINDONESIA.id - Tethering Hotspot atau yang sering disebut sebagai Hotspot adalah salah satu fitur unik yang ada di perangkat Android. Tidak hanya ada di Android, Tethering juga ada di perangkat iOS dan beberapa perangkat desktop seperti Windows.

Dengan Hotspot atau Tethering kalian bisa membuat perangkat kalian menjadi sumber internet layaknya sebuah modem router. Tentu saja ada batasan dan tidak cukup baik seperti sebuah modem router.

Akan tetapi untuk kebutuhan sementara Tethering Hotspot dari sebuah perangkat mobile seperti Android sudah lebih dari cukup. Nah salah satu masalah saat ingin mengaktifkan fitur ini yaitu Hotspot tidak bisa menyala atau tidak bisa diaktifkan.

Jika hotspot tidak menyala perangkat kalian belum berfungsi menyebarkan jaringan internet. Apa saja yang bisa menyebabkan Tethering Hotspot di perangkat Android tidak menyala? tentu saja penyebabnya banyak dan beragam.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang sering menyebabkan Hotspot tidak mau diaktifkan. Namun sebelum itu kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan Hotspot Area serta solusi Tethering Hotspot tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Tethering Hotspot Tidak Mau Menyala


1. Sedang Dalam Mode Penerbangan


Berbeda dengan Wifi, Tethering Hotspot tidak bisa diaktifkan jika perangkat kalian sedang dalam mode penerbangan atau tidak ada kartu SIM yang terpasang. Karena fungsi Tethering yaitu memancarkan sinyal.

Sedangkan Wifi hanya menangkap sinyal, karena itulah saat mode penerbangan aktif Wifi masih bisa dinyalakan karena hanya menangkap saja.

2. Sedang Terhubung ke Jaringan Wifi


Yang berikutnya yaitu karena perangkat kalian sedang terhubung ke jaringan Wifi. Wifi dan Tethering Hotspot tidak bisa aktif secara bersamaan, kecuali di beberapa perangkat keluaran terbaru.

Jika kalian menggunakan Wifi, Tethering Hotspot wajib mati. Jika kalian ingin mengaktifkan Tethering, fitur Wifi juga wajib mati.


3. Matikan Fitur Penghemat Baterai


Fitur Penghemat Baterai memiliki fungsi menghemat daya baterai supaya lebih hemat. Karena fungsi Tethering cukup menguras baterai dan hampir sama seperti bermain game kemungkinan besar fitur tersebut terhalang oleh Penghemat Baterai.

Misalnya kalian sedang mengaktifkan fitur Penghemat Baterai lebih baik kalian matikan terlebih dahulu. Karena Tethering tetap saja menguras baterai yang banyak walaupun menggunakan Penghemat Baterai.

4. Restart Perangkat


Selain bisa digunakan untuk mengatasi Tethering yang tidak mau menyala, restart juga bisa untuk mengatasi GPS, Wifi, dan Bluetooth yang tidak mau menyala. Karena sering diaktifkan keempat fitur tadi sering mengalami error dan perangkat butuh di restrat.

Itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi Tethering yang tidak mau aktif atau tidak mau menyala. Penyebab paling sering yaitu karena error, jika karena error pilihan terbaik yaitu melakukan restart atau reboot.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau cara mengatasi jaringan wifi yang tidak muncul. Jaringan wifi yang tidak muncul disebabkan oleh banyak penyebab, salah satunya karena jangkauan sinyal yang terbatas.


EmoticonEmoticon