Perbedaan Joran Fiber dan Joran Carbon

Perbedaan Joran Fiber dan Joran Carbon

KEPOINDONESIA.id - Joran salah satu perlengkapan memancing yang cukup penting. Walaupun bisa memancing ikan tanpa joran akan tetapi kondisi memancing yang membutuhkan joran lebih banyak dari pada yang tanpa joran.

Pemilihan joran juga tidak sembarangan karena banyak para pemancing yang mengandalkan joran sebagai salah satu teknik jitu saat memancing. Sebagai contoh saya, saya lebih suka joran yang ringan dengan ukuran yang cukup panjang.

Joran ringan dengan ukuran yang cukup panjang bisa digunakan untuk memancing di berbagai spot. Ada 2 jenis joran pancing yang umum digunakan yaitu joran pancing fiber dan joran pancing carbon.

Mungkin kalian bertanya, apa perbedaan joran dengan bahan fiberglass dan bahan carbon? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Karena kali ini saya akan menjelaskan perbedaan joran dengan bahan carbon dan fiberglass.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca tips memancing supaya dapat ikan banyak serta tips menghemat umpan ikan saat memancing supaya umpan tidak cepat habis.

Joran Berbahan Fiberglass


Ciri joran dengan bahan ini yaitu lentur dengan bobot yang sangat ringan. Saking lenturnya joran dengan bahan fiberglass bisa melengkung hingga 180 derajat lebih. Selain ringan harga joran fiberglass terbilang cukup terjangkau.

Memang joran ini tidak cocok untuk memancing ikan dengan ukuran besar. Akan tetapi bisa disesuaikan dengan menyesuaikan panjang joran. Bagi kalian yang hanya memancing untuk hiburan, joran fiberglass adalah pilihan terbaik.

Joran Berbahan Carbon


Sama-sama ringan seperti joran dengan bahan fiberglass, akan tetapi joran dengan bahan carbon tidak cukup lentur. Karena bahan yang cukup kuat joran ini sangat cocok untuk memancing ikan besar.

Dari segi harga jelas lebih mahal karena menggunakan carbon. Walaupun kuat untuk menarik ikan tetapi jika ditekuk joran bahan carbon akan mudah patah. Ciri khusus joran carbon akan ada gambar petir karena carbon termasuk bahan semi konduktor yang dapat dialiri arus listrik.

Joran mana yang cocok untuk kalian? jika kalian hanya memancing di kali, sungai, kolam, atau tepatnya di air tawar menggunakan joran berbahan fiberlass sudah lebih dari cukup. Kalian hanya perlu membeli joran fiberglass dengan kualitas yang bagus.

Dari pengalaman saya dan pemancing lainnya joran dengan bahan carbon tetap lah yang paling favorit. Hanya saja jika kalian sering mancing saat hujan lebih berhati-hati karena seperti pada logo petir yang ada di joran listrik bisa mengalir pada joran yang satu ini.  

Itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai perbedaan joran fiberglass dan joran carbon. Ingin tau istilah-istilah dalam memancing? kalian bisa baca artikel tentang istilah-istilah yang sering digunakan saat memancing.


EmoticonEmoticon