Cara Mengatasi Voice Typing Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Voice Typing Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Voice Typing adalah salah satu fitur canggih yang ada di smartphone. Dengan fitur ini kalian dapat mengetik teks atau menginput tulisan hanya dengan suara saja. Mudahnya suara yang kalian hasilkan akan diteruskan menjadi sebuah kalimat teks.

Sudah banyak aplikasi yang mendukung Voice Typing, salah satunya aplikasi YouTube. Kalian dapat mencari video yang ingin kalian tonton di YouTube hanya dengan mengatakan judul videonya saja, tanpa perlu kalian ketik secara manual.

Selain di aplikasi YouTube, Voice Typing pasti ada di aplikasi Keyboard. Salah satu aplikasi keyboard virtual yang mendukung Voice Typing yaitu aplikasi GBoard atau keyboard Google.

Kalian dapat mengetik pesan yang ingin kalian ketik hanya dengan suara. Fitur ini memang sangat menarik dan membantu kita, akan tetapi terkadang Voice Typing tidak berfungsi.

Tidak berfungsi disini mencakup banyak hal. Bisa tidak berfungsi sama sekali, hanya bisa mendeteksi tetapi teks tidak muncul, dan masih banyak yang lainnya. Supaya kalian tidak mengalami hal serupa maka kali ini saya akan menjelaskan solusinya.

Tentu saja solusi mengatasi Voice Typing yang tidak berfungsi adalah solusi yang saya ketahui. Namun sebelum lanjut ke solusinya kalian bisa baca fungsi tombol Page Up dan Page Down serta cara membuat simbol mata uang Yen dan Euro.

Solusi Fitur Voice Typing Tidak Berfungsi


1. Pastikan Izin Aplikasi


Secara default izin Voice Typing tidak di aktifkan. Oleh karena itu saat awal menggunakan fitur yang satu ini pengguna harus mengizinkan terlebih dahulu. Jika tidak di izinkan Voice Typing tidak akan berfungsi dan bekerja.

Baik Voice Typing yang ada di aplikasi keyboard atau yang ada di aplikasi YouTube, tetap saja perlu izin. Oleh karena itu jangan tolak akses Voice Typing jika kalian ingin menggunakan fitur tersebut.

2. Voice Typing Error


Yang terakhir yaitu karena Voice Typing sedang error. Hal yang sering terjadi dan saya sudah tidak heran. Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi Voice Typing yang error.

Hal pertama kalian bisa menutup aplikasi yang bersangkutan. Jika tetap tidak berfungsi walaupun sudah mendapat izin aplikasi silakan kalian reboot atau restart perangkat kalian. Setelah di reboot kemungkinan Voice Typing sudah normal kembali.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi Voice Typing yang tidak berfungsi. Saat menggunakan fitur Voice Typing, pastikan kalian mengucapkan kata dan kalimat secara jelas supaya sistem mudah membacanya.

Itu saya yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara mudah Print Preview di Microsoft Word. Print Preview sangat berguna untuk menentukan dokumen sudah cocok atau belum.


EmoticonEmoticon