Cara Membuka File .XLSX dan .XLS

Cara Membuka File .XLSX dan .XLS

KEPOINDONESIA.id - XLSX dan XLS adalah salah satu ekstensi file yang ada di Microsoft Excel. Singkatnya jika kalian menyimpan worksheet yang ada di MS Excel nantinya format file yang bisa kalian pilih antara XLS dan XLSX.

Mungkin kalian bertanya, apa sebenarnya perbedaan antara XLS dan XLSX. Sekilas memang sama saja, karena jika kita buka akan langsung terbuka di aplikasi Microsoft Excel. Tetapi ternyata keduanya berbeda.

XLS adalah format default pada worksheet Microsoft Excel 2003 kebawah. File dengan ekstensi .XLS menggunakan basis format BIFF dan bisa digunakan untuk menyimpan Macro VBA.

Sedangkan XLSX merupakan format default yang ada di Microsoft Excel 2007 sampai di versi Microsoft Excel paling terbaru. Seperti MS Excel 2010, MS Excel 2013, MS Excel. 2016, MS Exel 2019, dan Excel 365.

Selain .XLSX dan .XLS, ada juga .XLSM dan .XLSB. Nah yang menjadi pertanyaan bagaimana cara membuka file dengan format XLS dan XLSX? Untuk membukanya sangat mudah sekali, khususnya di perangkat Windows.

Untuk tau cara membukanya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca bahaya menyalakan Laptop tanpa baterai serta cara zoom in dan zoom out di PowerPoint.

Cara Membuka File XLS dan XLSX


1. Silakan kalian cari file XLS atau XLSX yang ingin kalian buka

Silakan kalian cari file XLS atau XLSX yang ingin kalian buka

2. Kemudian klik kanan lalu pilih Open

Kemudian klik kanan lalu pilih Open

3. Maka akan langsung terbuka di aplikasi Microsoft Excel

Maka akan langsung terbuka di aplikasi Microsoft Excel

Cara di atas khusus untuk perangkat Windows, lalu bagaimana jika ingin membuka di perangkat mobile seperti di Andorid dan iOS? Caranya sama saja, tetapi pastikan di perangkat kalian sudah terinstall aplikasi yang mendukung format ekstensi Microsoft Excel. 

Nah itu dia tutorial kali ini tentang cara membuka file XLSX dan XLS, semoga kalian yang belum tau menjadi tau. Dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel tentang apa yang disebut dengan T/A dan N/A


EmoticonEmoticon