Apa Efek Sering Restart HP Android? Apakah Berbahaya dan Dapat Merusak HP

Apa Efek Sering  Restart HP Android? Apakah Berbahaya dan Dapat Merusak HP

KEPOINDONESIA.id - Melakukan Restart atau Reboot merupakan hal yang wajar dilakukan pada suatu perangkat yang memiliki software yang berjalan. Hal ini supaya software - software yang berjalan pada hardware tersebut dapat berjalan seperti semula kembali.

Sebagai contoh di Komputer, Laptop, dan Router pasti akan ada tombol untuk restart atau reboot. Tujuan reboot atau restart banyak sekali, antaranya untuk memulai semua program dari awal kembali. Lalu apakah jika sering melakukan reboot akan berbahaya?

Jelas tidak, baik di komputer, laptop, ataupun router tidak bikin bahaya. Namun untuk lebih detail, untuk kali ini yang akan saya bahas ialah restart pada HP, seperti di smartphone Android dan iOS.

Untuk di HP, fitur restart memang tidak terlalu berpengaruh seperti pada komputer dan router. Namun akan ada sisi baiknya jika kita melakukan reboot pada HP yang kita gunakan. Lalu apa efek mematikan HP terlalu sering dengan cara restart dan reboot?

Tidak akan efek buruknya, namun akan ada efek baiknya walaupun tidak terlalu signifikan. Namun sebelum saya bahas efek baik atau efek bagusnya apa, kalian bisa baca cara merubah nama hotspot dan sandi hotspot serta cara mematikan auto koreksi di Office Word.

Efek reboot sendiri tidak buruk, namun bagus. Yang pertama membuat memori internal kita akan lebih lega. Kenapa begitu? Karena jika kita melakukan proses restart maka cache sementara akan ikut terhapus.

Jadi sampah-sampah di Data Dalam Cache akan terhapus semua, namun untuk file serbaneka kalian harus menghapusnya secara manual. Berikutnya yaitu merawat umur baterai dari ponsel yang kita gunakan.

Karena jika kita reboot, maka up time HP kita akan di reset mulai dari 00:00, seperti pada Windows. Jadi sangat penting untuk mereboot HP jika kalian tidak pernah mengecas HP kalian sesekali dalam 1 bulan dalam keadaan mati.

Selain itu jika kita melakukan reboot, maka aplikasi akan berjalan dari awal dan RAM pun tidak akan terbebani terlalu berat. Jadi singkatnya yang awalnya ponsel kalian lambat, akan menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

Jadi tidak ada efek buruk jika kita sering restart. Kalau bisa silakan kalian minimal reboot HP selama 1 bulan sekali, lebih sering lebih bagus. Namun saran saya paling sering 1 minggu sekali atau idealnya 1 bulan 2 kali reboot itu sangat bagus.


EmoticonEmoticon