Bahaya Menyalakan Laptop Tanpa Baterai, Boleh Tetapi Tidak Disarankan

Bahaya Menyalakan Laptop Tanpa Baterai, Boleh Tetapi Tidak Disarankan

KEPOINDONESIA.id - Menyalakan Laptop tanpa menggunakan baterai sudah biasa dilakukan oleh banyak orang, Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang tersebut menyalakan Laptop tanpa menggunakan baterai.

Salah satu faktornya yaitu untuk merawat baterai. Perlu di ingat, hampir semua orang akan melepas baterai pada Laptop mereka jika Laptop tersebut hanya digunakan di satu tempat saja.

Khususnya Laptop yang baterainya dapat dilepas dengan mudah. Supaya baterai tidak bocor baterai dilepas dan Laptop akan menyala karena adaptor terhubung dengan arus listrik. Akan tetapi jika Laptop mengunakan baterai tanam cara ini tidak bisa dilakukan.

Oleh karena itu melepas baterai Laptop hanya bisa dilakukan pada Laptop keluaran lama. Hanya ada satu kelebihan menyalakan Laptop tanpa baterai, yaitu menjaga baterai tetap awet karena Laptop selalu digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dari pada kelebihannya, kekurangan menggunakan Laptop tanpa baterai malah cukup banyak. Mulai dari efek ringan sampai yang berbahaya yang bisa menyebabkan Laptop rusak. Ingin tau apa efek dan bahayanya?

Jika kalian ingin tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian perlu tau apa yang disebut dengan Footage serta solusi keyboard yang ada di Laptop atau Komputer menekan sendiri.

Efek Memakai Laptop Tanpa Baterai


1. Data Bisa Tidak Tersimpan


Ini sebenarnya adalah salah satu kekurangan Komputer jika tidak menggunakan UPS. Karena baterai yang ada di Laptop dilepas jadi jika listrik tiba-tiba mati Laptop juga akan langsung mati dan tidak akan menyala.

Oleh karena itu banyak programmer, editor, dan writer lebih memilih Laptop dari pada Komputer. Karena Laptop tetap akan menyala walaupun listrik mati. Walaupun hanya menyala beberapa menit, pengguna masih bisa menyimpan pekerjaan yang sedang di kerjakan.

2. Komponen Laptop Tidak Awet


Karena Laptop terhubung langsung dengan listrik tentu saja komponen-komponen yang ada di Laptop mendapatkan tegangan dan daya yang berbeda. Bisa lebih tinggi dan bisa lebih rendah secara tiba-tiba.

Perubahan itulah yang bisa merusak komponen Laptop seperti Prosesor, VGA, RAM, dan beberapa komponen lainnya. Pikirkan dua kali jika kalian ingin menyalakan Laptop tanpa menggunakan baterai.

3. Rawan Korsleting


Yang berikutnya yaitu rawan terjadi korsleting. Tidak bisa dipungkiri selain menjadi penyimpanan daya baterai juga memiliki peran menjaga supaya tidak ada korsleting yang terjadi pada Laptop.

Sangat jarang sekali ada isu Laptop korsleting saat Laptop tidak terhubung ke charger. Tetapi jika sudah terhubung ke charger kemungkinan korsleting tetap ada tetapi dapat diminimalisir dengan adanya baterai di dalamnya.

Itu dia beberapa efek buruk jika kalian menggunakan Laptop tanpa baterai. Jika baterai Laptop kalian sudah boros tetap pasang saja dan gunakan charger untuk menjaga Laptop tetap menyala.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua. Tidak tau cara menambah angka 0 di Microsoft Excel? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel tentang angka 0 yang ada di MS Excel.


EmoticonEmoticon