Pengertian Sheet, Cell, Range, dan Formula Bar di Microsoft Excel

Pengertian Sheet, Cell, Range, dan Formula Bar di Microsoft Excel

KEPOINDONESIA.id - Dari banyak aplikasi yang masuk dalam keluarga Microsoft Office, Microsoft Word dan Microsoft Excel yang paling banyak digunakan. Selain Word dan Excel, Microsoft PowerPoint juga banyak digunakan tetapi tidak terlalu banyak.

Kenapa begitu? karena hanya kalangan tertentu saja yang membutuhkan Microsoft PowerPoint. Sedangkan untuk pekerjaan sederhana seperti administrasi penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Excel pasti dibutuhkan.

Secara umum menggunakan MS Word lebih mudah dari pada MS Excel. Akan tetapi sebenarnya lebih mudah menggunakan Excel dari pada Word. Di tingkat dasar Microsoft Word memang mudah digunakan.

Akan tetapi di tingkat yang lebih tinggi jelas penggunaan MS Word lebih sulit. Misalnya membuat penomoran halaman. Membuat penomoran halaman tidak semudah yang dibayangkan walaupun terlihat mudah.

Sedangkan di Excel rata-rata yang digunakan hanya rumus saja. Sedangkan fitur lainnya tidak terlalu menyulitkan dan jarang digunakan. Asalnya kalian tau rumus atau formula menggunakan Excel akan lebih menyenangkan.

Saat menggunakan Microsoft Excel pasti kalian akan menemui yang namanya Cell, Sheet atau Worksheet, Range, dan Formula Bar. Yang menjadi pertanyaan apa fungsi keempat fitur tadi? atau apa yang dimaksud Cell, Sheet, Formula Bar, dan Range?

Supaya kalian tau kali ini saya akan menjelaskan tentang keempat fitur tadi. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara membuka aplikasi WordPad serta apa yang dimaksud dengan N/A dan T/A.

Worksheet di Microsoft Excel


Worksheet di Microsoft Excel

Yang pertama saya akan menjelaskan tentang Sheet. Worksheet atau yang sering disebut Sheet adalah lembar kerja di Microsoft Excel yang terdiri atas baris dan kolom yang membentuk sebuah tabel.

Jadi lembar kerja di MS Excel berupa tabel yang terdiri dari baris dan kolom. Saat awal kalian akan mendapat 3 lembar kerja yaitu sheet1, sheet2, dan sheet3. Jika diperlukan kalian bisa menambah lembar kerja sesuai dengan kebutuhan.

Cell di Microsoft Excel


Cell di Microsoft Excel

Yang berikutnya yaitu Cell. Cell adalah gabungan antara Baris dan Kolom. Singkatnya Cell adalah pertemuan antara baris dan kolom pada data yang di input. Sebagai contoh data Rp. 10.000 kalian input di Cell B2, artinya data tersebut berada kolom B di baris 2.

Range di Microsoft Excel


Range di Microsoft Excel

Apa itu Range? Range adalah kumpulan dari beberapa Cell. Sebagai contoh kalian ingin menghitung jumlah total. Kalian bisa melakukan seleksi mulai dari atas sampai bawah menggunakan dan menggunakan rumus SUM. Contoh range seperti F2:F8 atau F2:H2.

Formula Bar di Microsoft Excel


Formula Bar di Microsoft Excel

Yang terakhir yaitu Formula Bar. Formula Bar adalah kotak tempat formula berada. Singkatnya semua formula atau rumus yang kalian gunakan akan tampil di Formula Bar. Baik kalian menambahkannya lewat Sheet atau langsung ke Formula Bar.

Ciri khusus sebuah formula di Microsoft Excel yaitu menggunakan awalan = (sama dengan). Misalnya kalian tidak berhasil menggunakan formula atau formula tidak bekerja, kalian wajib memperhatikan hal-hal kecil seperti penggunaan simbol = di awal formula.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai Cell, Range, Sheet atau Worksheet, dan Formula Bar yang ada di MS Excel. Nah yang sering keliru yaitu menyebut baris dan kolom. Mudahnya yang datar (Horizontal) adalah baris sedangkan yang tegak lurus (vertikal) ialah kolom.

Semoga pembahasan saya kali ini bermanfaat bagi kalian. Sering mengalami teks di Microsoft Word berantakan karena hasil copy-paste? kalian tidak usah cemas. Karena cukup hilangkan format teks yang kalian copy maka masalah akan langsung terselesaikan. 


EmoticonEmoticon