Perbedaan Card Reader dan Flashdisk Yang Sekilas Sama

Perbedaan Card Reader dan Flashdisk Yang Sekilas Sama

KEPOINDONESIA.id - Flashdisk dan Card Reader sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebelum ada era smartphone kedua benda tadi sudah sangat populer. Flashdisk sering digunakan untuk menyimpan data sedangkan Card Reader sering digunakan untuk memindah data dari Komputer ke HP atau sebaliknya.

Seiring berjalannya waktu tidak banyak orang yang membutuhkan kedua benda tadi. Akan tetapi untuk Flashdisk tetap eksis karena Flashdisk sangat dibutuhkan oleh orang biasa sampai pekerja kantoran.

Sedangkan Card Reader penggunaannya sudah jarang karena tanpa bantuan Card Reader sekarang kita dapat menghubungkan ponsel kita ke Komputer atau Laptop dengan mudah. Secara garis besar mungkin kalian sudah tau fungsi keduanya.

Akan tetapi kalian tau tidak pengertian dari Flashdisk dan Card Reader itu apa? Supaya kalian tidak hanya tau fungsinya kali ini saya akan menjelaskan pengertian Card Reader dan Flashdisk.

Selain pengertiannya saya juga akan menjelaskan perbedaan antara kedua benda tadi. Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca cara memindah data ke kartu memori serta bahaya melepas kartu memori tanpa mematikan HP.

Flashdisk


Flashdisk adalah suatu media yang bisa digunakan untuk menyimpan data secara mudah. Selain bisa digunakan untuk menyimpan data seperti file, lagu, musik, aplikasi, dan video Flashdisk merupakan media penyimpan data yang paling mudah dihubungkan ke Komputer dan Laptop.

Seperti yang kalian ketahui banyak media yang bisa digunakan untuk menyimpan data selain Flashdisk seperti kartu memori dan Hardisk Eksternal. Karena kemudahannya Flashdisk menjadi penyimpanan eksternal yang paling populer digunakan.

Card Reader


Card Reader walaupun bisa digunakan untuk menyimpan data akan tetapi memiliki fungsi utama yang berbeda. Karena pengertian Card Reader adalah alat yang digunakan sebagai penghubung penyimpanan kartu memori ke media lain seperti Komputer dan Laptop.

Singkatnya tanpa kartu memori Card Reader tidak ada gunanya, karena hanya perantara saja. Dikarenakan kini sudah bisa menghubungkan ponsel dengan mudah ke perangkat desktop penggunaan Card Reader sudah tidak diperlukan lagi.

Akan tetapi masih banyak orang yang membutuhkan Card Reader seperti fotografer. Tanpa bantuan Card Reader fotografer tidak bisa memindahkan foto yang ada di kartu memori ke Laptop atau Komputer untuk disimpan dan di edit.

Lalu apa perbedaan antara Flashdisk dan Card Reader? Perbedaannya yaitu Flashdisk adalah media penyimpanan sedangkan Card Reader adalah media perantara. Dari pada Flashdisk, Card Reader lebih cocok dibandingkan dengan OTG.

Karena keduanya sama-sama media perantara. Card Reader media perantara kartu memori ke perangkat desktop sedangkan OTG media perantara Flashdisk ke perangkat mobile.

Itu dia sekilas penjelasan dari saya mengenai Card Reader dan Flashdisk. Semoga kalian yang belum tau menjadi tau. Dari pada dibandingkan dengan Flashdisk, Card Reader memang lebih dekat dengan OTG  atau USB On-The-Go karena sama-sama hanya sebagai perantara atau penghubung saja.

Dan sebelum saya akhiri pembahasan kali ini mungkin kalian pernah mengalami disk penyimpanan WhatsAp penuh. Jika penyimpanan WhatsApp penuh kalian tidak akan bisa mengunduh foto dan video yang ada di WhatsApp.


EmoticonEmoticon