Selasa, 27 Agustus 2019

3 Cara Mengatasi Tidak Memiliki Ruang Disk Yang Cukup di WhatsApp

3 Cara Mengatasi Tidak Memiliki Ruang Disk Yang Cukup di WhatsApp

KEPOINDONESIA.id - Memiliki memori tersedia yang banyak di smartphone kita wajib kita miliki jika kita suka menyimpan video dan film, suka memotret dan merekam video dan suka bermain game HD yang memiliki size yang besar. Jika kalian menyukai ketiga hal tersebut namun memori tersedianya sedikit, nantinya akan muncul anda tidak memiliki ruang disk yang cukup saat menggunakan aplikasi WhatsApp.

Seperti yang kita ketahui, smartphone atau ponsel pintar bisa kita gunakan untuk apa saja seperti sebagai media hiburan atau untuk komunikasi. Namun jika kalian sering kali melakukan semua hal di HP, memori yang banyak wajib kalian miliki di smartphone kesayangan kalian itu.

Ruang disk penuh pada WA atau ruang disk tidak cukup pada WhatsApp sering kali terjadi jika kita ingin mengunduh gambar, video dan saat melihat story WhatsApp yang ada di kontak kita. Hal ini bisa saja terjadi karena data aplikasi WA ini bisa menjadi sangat banyak tergantung pemakaiannya.

Anda tidak memiliki ruang disk yang cukup di WhatsApp

Seperti jika kalian sering menerima video ataupun foto dari seseorang atau kontak dan bergabung banyak grup di WA hal ini bisa menyebabkan data aplikasi WhatsApp akan cepat sekali membengkaknya. Lalu apa yang dimaksud ruang disk tidak cukup?

Raung Disk adalah ruang penyimpanan default yang umumnya terletak di memori internal. Jadi ruang disk tidak cukup di WhatsApp artinya ruang penyimpanan data untuk aplikasi WA sudah penuh dan tidak bisa menyimpan file media lagi. Lalu bagaimana cara mengkosongkan ruang disk di WhatsApp?

Caranya mudah sekali namun sebelum itu kalian bisa baca cara mengatasi akun WA yang diblokir dan cara menampilkan chat WhatsApp di layar utama supaya saat membaca pesan WhatsApp tidak diketahui oleh pengirim tanpa aplikasi tambahan.

Solusi Ruang Disk Tidak Cukup di WhatsApp


1. Tutup Aplikasi WhatsApp


Cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah menutup aplikasi WhatsApp. Walaupun cara ini tidak menjamin berhasil lebih dari 50%, namun kalian wajib mencobanya. Dengan menutup aplikasi diharapkan saat dibuka kembali nantinya kita dapat mengunduh file media yang sebelumnya tidak bisa kita unduh karena disk tidak cukup atau penuh.

Untuk menutupnya kalian bisa menutup aplikasi WhatsApp yang berjalan di latar belakang di Task Manager atau dihentikan paksa lewat pengaturan atau setelan. Namun saya sarankan langsung hentikan paksa saja lewat setelan, karena kemungkinan berhasilnya lebih besar.

2. Hapus File Tidak Penting Untuk Mengkosongkan Ruang Disk


Jika masih tidak bisa, kalian bisa langsung menggunakan cara utama yaitu dengan mengkosongkan ruang disk yang digunakan untuk menyimpan data aplikasi WhatsApp yaitu biasanya Memori Internal bukan di SDCard atau kartu memori. Kalian bebas mau menghapus apa saja yang terpenting memori tersedianya menjadi banyak.

Mungkin saya sarankan kalian menghapus file serbaneka saja, karena rata-rata file serbaneka merupakan file dan folder yang tidak penting. Untuk caranya kalian bisa baca cara menghapus file serbaneka di Android. Dan jika di HP Android kalian ada aplikasi Files kalian bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menghapus file sampah dengan aplikasi Files Go.

3. Reboot


Cara terakhir untuk memaksimalkan cara kedua yaitu silakan reboot atau restart perangkat Android kalian. Hal ini merupakan hal yang sangat penting dan masih banyak yang belum tau. Jika kalian menghapus file sampah tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga alias menggunakan aplikasi bawaan kalian wajib mereboot HP kalian setelah selesai menghapus file yang tidak berguna itu.

Karena jika tidak direboot akan ada ruang yang tidak terbaca alias masih ditumpangi oleh file-file seperti cache karena aplikasi bawaan tidak seperti aplikasi pihak ketiga yang benar benar menghapus file sampah sampai akarnya. Jadi pastikan kalian mereboot HP kalian setelah menghapus cache atau file sampah yang tidak berguna, ataupun file lainnya yang berukuran besar seperti Game dan Film.

Nah itu dia cara mengatasi ruang disk penuh pada WhatsApp. Cara ini dijamin berhasil dan wajib kalian coba. Jangan sesekali menghapus data aplikasi WhatsApp jika kalian tidak ingin kehilangan sebuah chat serta file media yang ada di folder WhatsApp, jadi kalian hapus file sampah kecuali yang ada di folder WhatsApp.

Sedangakn untuk menghapus data WhatsApp yang aman berupa data chatting teks, audio, foto dan video kalian bisa baca cara menghapus data aplikasi WA dengan aman. Cara ini merupakan cara yang saya gunakan untuk menghapus data WhatsApp dengan memilih apa yang ingin saya hapus.


EmoticonEmoticon