4 Cara Mengatasi Adapter Kartu Memori Tidak Terbaca di Laptop dan PC

4 Cara Mengatasi Adapter Kartu Memori Tidak Terbaca di Laptop dan PC

KEPOINDONESIA.id - Selain menggunakan card reader kalian bisa menghubungkan kartu memori ke perangkat desktop seperti laptop menggunakan adapter. Hanya saja adapter tidak dijual dengan bebas dan jika kalian ingin beli jarang yang menjual.

Tidak seperti card reader yang memang banyak dijual terpisah. Sedangkan untuk adapter biasanya include dalam pembelian kartu SD yang diperuntukkan untuk kamera. Fungsi adapter ini sama seperti card reader.

Yaitu sebagai tempat supaya kartu memori atau kartu SD bisa terbaca oleh komputer. Hanya saja port untuk card reader dan adapter berbeda. Jika card reader menggunakan port USB-A sedangkan adapter menggunakan port khusus yang biasa ada di sisi depan laptop.

Pernahkah kalian mengalami saat menggunakan adapter kartu memori lalu tidak terbaca? untuk saya sendiri sering sekali. Kemungkinan besar ini salah satu kekurangan adapter daripada card reader. Namun sebelum saya lanjutkan kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sebelumnya sudah pernah saya bahas.

Seperti jika kalian bingung kenapa tombol eject terkadang muncul tetapi terkadang tidak ada kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas. Serta jika kalian mengalami tidak bisa buka folder kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

Lepas Adapter Lalu Hubungkan Kembali


Pertama kalian bisa lepas adapter kartu memori dari laptop yang kalian miliki. Setelah itu masukkan kembali dan coba terus cara ini sampai terbaca. Apabila terbaca akan muncul disk baru pada File Explorer.

Tiup Lubang Untuk Adapter Yang Ada di Laptop


Karena ini salah satu lubang atau port yang jarang digunakan biasanya kotor dan memang sedikit rapat. Jadi silakan kalian tiup setelah melepas adapter. Biasanya dengan cara ini adapter dan kartu memori akan langsung terbaca.

Lepas Kartu Memori Dari Adapter


Yang berikutnya kalian bisa lepas kartu memori dari adapter. Lakukan hal yang sama seperti lubang adapter yang ada di laptop, yaitu silakan kalian tiup. Siapa tau ada kotoran yang membuat kartu memori tidak terbaca oleh adapter.

Kartu Memori Yang Rusak atau Error


Kemungkinan adapter yang bermasalah sangatlah kecil, jadi kemungkinan besar yang bermasalah ialah kartu memori yang kalian miliki. Jadi silakan kalian coba dengan kartu memori yang lain dan kartu memori yang sekarang silakan kalian coba di HP aau smartphone.

Dari pengalaman saya biasanya masalah pada adapter dan port adapter nya. Cukup kalian tiup biasanya akan normal. Tetapi jika belum silakan kalian coba lagi. Walaupun terlihat hanya lubang biasa tetapi itu lubang untuk adapter kartu memori.

Lebih baik menggunakan card reader atau ini? menurut saya adapter lebih bagus karena tidak mudah panas. Hanya saja terkadang tiba-tiba bisa tidak terbaca karena adapter kendor atau karena hal lain dan perlu dihubungkan ulang.

Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara melihat file yang dikirim lewat bluetooth. Saya kira masih banyak yang belum tau karena rata-rata kini menggunakan SHAREit.


EmoticonEmoticon