Fungsi Mockup, Cara Desain Secara Cepat di Photoshop

Fungsi Mockup, Cara Desain Secara Cepat di Photoshop

KEPOINDONESIA.id - Mengedit di Photoshop bisa kalian sesuaikan dengan keahlian dan kebutuhan kalian. Misalnya ingin menggunakan file .PSD seperti kalender kalian bisa mengedit beberapa bagian disesuaikan dengan keinginan.

Template PSD memang sering saya temui. Banyak orang yang membagikan file .PSD tertentu seperti Kalender, Daftar Piket, Banner, dan masih banyak yang lainnya. Kalian dipermudah jika sudah memiliki file .PSD, akan tetapi tetap perlu di edit lagi sedemikian rupa.

Hal seperti itu tidak akan kalian temui jika kalian menggunakan Mockup. Saya yakin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah Mockup. Tidak hanya di Photoshop, penggunaan Mockup juga sering digunakan di aplikasi CorelDraw dan Adobe Illustrator.

Tidak hanya seperti konsep desain seperti template, Mockup dapat membuat hasil jadi sebuah desain secara otomatis tanpa perlu di edit secara manual. Adanya Mockup dapat mempermudah kalian melakukan pembuatan desain yang sama dengan subjek yang berbeda.

Lebih jelas mengenai Mockup kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Selain saya jelaskan pengertiannya saya juga akan membahas kelebihan dan kekurangan mengunakan sebuah Mockup untuk desain grafis.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti file PSD Jadwal Pelajaran keren serta desain Struktur Organisasi Kelas menarik dan unik.

Apa Itu Mockup?


Singkatnya Mockup adalah konsep dari sebuah karya yang dibuat secara digital supaya terlihat nyata. Mudahnya dari pada di cetak dan dibuat sesuai keinginan lebih baik menggunakan Mockup karena lebih mudah dan simple.

Sebagai contoh kalian ingin menambahkan logo usaha kalian di Mug. Dari pada harus mencetak terlebih dahulu logo yang kalian miliki lalu di tempelkan ke Mug lebih baik kalian menggunakan Mockup Mug saja.

Secara umum Mockup atau Mock Up adalah sebuah konsep, akan tetapi beda tujuan beda lagi pengertiannya. Misalnya Mockup desain grafis sedikit berbeda dengan Mockup desain website.

Kelebihan dan Kekurangan Mockup


Kelebihan Mockup


Kelebihan Mockup jelas lebih mudah, simple, hemat biaya, dan dapat melakukan revisi secara mudah. Karena Mockup bertujuan membuat konsep seperti barang yang sudah ada atau barang nyata 3 dimensi.

Selain itu banyak Mockup yang bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan. Bisa mencari di internet mulai yang bisa di unduh dan digunakan secara bebas atau Mockup berbayar yang pasti lebih bagus dan lebih premium.

Kekurangan Mockup


Kekurangan menggunakan Mockup yaitu perangkat yang kalian gunakan harus memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Karena saat menjalankan sebuah Mockup kinerja sistem menjadi lebih berat.

Sepengalaman saya Mockup sederhana dengan beberapa layer saja sudah berat apalagi Mockup yang memiliki banyak layer dan efek pasti akan sangat berat. Oleh karena itu kalian pilih Mockup yang sesuai dengan perangkat kalian.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai pengertian Mockup, fungsinya, kelebihan, dan kekurangan menggunakan Mockup. Dari pada kekurangannya kelebihan Mockup lebih banyak dan dapat membantu pekerjaan kalian.

Sebelum saya akhiri kalian perlu tau juga perbedaan antara pamflet dan brosur. Dengan menggunakan Mockup kalian bisa membuat sebuah pamflet atau brosur seperti nyata dan terlihat sudah dicetak.


EmoticonEmoticon