Pengertian dan Perbedaan Antara Pamflet, Poster, Brosur, dan Baliho

Pengertian dan Perbedaan Antara Pamflet, Poster, Brosur, dan Baliho

KEPOINDONESIA.id - Pasti beberapa dari kalian sudah tau apa yang dinamakan dengan brosur. Karena pembagian brosur sering kita jumpai di jalan atau di mall dengan tujuan supaya kita tertarik dengan acara atau produk yang ada di brosur. 

Selain brosur ada juga pamflet, baliho, dan poster. Keempat media tadi adalah salah satu sarana promosi yang paling sering kita temui di jalan-jalan atau di dalam ruangan. Tetapi sayangnya masih banyak yang keliru dan tidak bisa membedakan keempat media promosi yang sudah saya jelaskan tadi.
 
Sebagai contoh poster. Tidak jarang ada orang yang tidak tau apa itu yang namanya poster dan menyebutnya sebagai stiker bukanlah poster. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan perbedaan dan pengertian antara baliho, poster, brosur, dan pamflet. 

Perbedaan keempat media tadi hanya berbeda pada ukuran dan penempatannya saja. Karena satu desain gambar bisa dijadikan poster dan brosur. Tetapi untuk dijadikan baliho juga bisa tergantung ukuran balihonya. 

Supaya lebih jelas kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang di maksud dengan cek harga dan cek barang serta apa itu pembeli CLBK

Brosur


Brosur adalah media promosi yang menggunakan kertas berukuran A4 atau kertas yang memiliki ukuran yang sama dengan satu halaman muka. Singkatnya teks dan gambar hanya ada di halaman depan sedangkan halaman baliknya atau halaman belakang kosong. 

Brosur salah satu media promosi yang tergolong murah karena orang-orang mencetak brosur dalam jumlah yang banyak. Karena banyak salah satu metode penyebarannya yaitu dengan cara disebar di jalan. 

Poster


Selembar pemberitahuan atau promosi baik gambar, teks, atau keduanya yang bisa ditempelkan di dinding atau tembok. Ukuran poster bermacam-macam sesuai kebutuhan teks dan gambar. 

Karena bisa ditempelkan, banyak orang yang mengira poster adalah stiker. Padahal keduanya berbeda, karena stiker saran dekorasi sedangkan poster adalah sarana promosi dan publikasi. Dari segi ukuran dan bentuk juga jelas berbeda. 

Pamflet


Hampir sama seperti brosur, tetapi pamflet semua bagian kertas diisi dengan gambar dan informasi. Selain itu rata-rata pamflet di desain untuk bisa dilipat sedangkan brosur tidak. Jika kalian ingin mendaftar sekolah baru, pasti kalian akan mendapatkan pamflet tentang sekolah tersebut. 

Baliho


Bagi kalian yang sering bepergian seharusnya tidak asing dengan yang namanya baliho. Baliho dapat kalian temukan di pinggir jalan dengan ukuran yang sangat besar. Baliho memiliki ukuran yang besar dan tinggi yang biasanya di pasang menggunakan tiang. 

Nah itu dia pengertian dan perbedaan antara baliho, poster, brosur, dan pamflet. Keempat media tadi sama yaitu media promosi cetak. Yang membedakan adalah ukuran dan peletakannya. 

Semoga artikel ini membantu kalian yang tidak tau perbedaan antara keempat media promosi diatas. Semua media promosi tadi sangat mudah kalian temui, di warung pun kalian pasti akan menemukan salah satu media promosi tadi, yaitu poster.


EmoticonEmoticon