Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menggunakan Papan Panggilan di Android

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menggunakan Papan Panggilan di Android

KEPOINDONESIA.id - Tombol Panggilan atau Papan Panggilan adalah fitur yang pasti ada di sebuah HP dan Smartphone. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat melakukan panggilan ke nomor seseorang yang tidak ada di daftar kontak.

Selain itu dengan papan panggilan pengguna juga dapat melakukan beberapa dial operator seperti dial cek pulsa, dial cek nomor, dan dial cek kuota. Dan di beberapa type HP Android dengan tombol panggilan pengguna dapat masuk ke Mode Cit atau Hardware Test.

Tetapi kalian pernah tidak mengalami tombol panggilan tidak bisa digunakan untuk apapun, misalnya untuk melakukan panggilan atau melakukan dial operator. Nantinya akan ada peringatan bahwa kalian tidak bisa menyelesaikan aksi.

Untuk lebih jelasnya berikut peringatannya "Tidak dapat menyelesaikan aksi. Ini bukan papan panggilan bawaan Anda". Lalu bagaimana cara mengatasinya? jika papan panggilan atau tombol panggilan tidak bisa digunakan?

Ada beberapa cara mengatasi supaya permasalahan tersebut terselesaikan. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mengatasi tidak bisa menggunakan papan panggilan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti kenapa HP tidak berbunyi saat ada panggilan masuk serta cara mengatasi sinyal lemah di HP Android. Berikut beberapa tips untuk mengatasi papan panggilan di Android yang tidak mau berfungsi.

Cara Mengatasi Tombol Panggilan Tidak Berfungsi


1. Copot Pemasangan Aplikasi Serupa


Yang perlu kalian lakukan untuk pertama kalinya yaitu uninstall aplikasi serupa. Apa maksudnya? jika kalian baru saja menginstall aplikasi papan panggilan atau tombol panggilan dari pihak ketiga di Play Store silakan kalian uninstall saja.

Ini sering terjadi di beberapa aplikasi, singkatnya aplikasi tidak bekerja jika ada aplikasi serupa yang memiliki fungsi yang sama. Oleh karena itu gunakan papan panggilan bawaan saja karena sudah lebih dari cukup.

2. Reboot Perangkat


Jika kalian sudah mencopot pemasangan aplikasi yang mirip dengan papan panggilan tetapi tetap saja tidak berhasil silakan kalian reboot perangkat atau HP Android yang kalian miliki. Bisa saja aplikasi dari pihak ketiga masih terbaca dan kalian perlu yang namanya reboot perangkat.

3. Jangan Kunci Jaringan di 4g Only


Untuk yang terakhir jangan kunci jaringan di 4g only, kenapa begitu? Karena di jaringan 4G only tidak bisa melakukan panggilan dan SMS serta tidak bisa menerima panggilan dan SMS. Oleh karena itu papan panggilan di HP kalian tidak akan berfungsi.

Intinya kalian jangan pilih jaringan yang disukai di 4G Only atau LTE Only. Jika di kunci, jaringan tidak akan bisa berubah padahal jika ingin menerima dan mengirim SMS jaringan harus pindah ke 3g terlebih dahulu.

Nah itu dia beberapa solusi untuk mengatasi tidak bisa menggunakan papan panggilan di Android. Saya mengambil referensi dari HP Xiaomi, untuk HP Android type lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Vivo kemungkinan sama saja.

Sering menerima panggilan dari nomor 188? kalian tidak takut, untuk lebih jelasnya kalian bisa baca siapa pemilik nomor 188 dan apakah 0188 dan 188 sama. Cukup sekian penjelasan saya kali ini semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon