Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menelpon Atau Melakukan Panggilan Keluar

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menelpon Atau Melakukan Panggilan Keluar

KEPOINDONESIA.id - Menelpon masih sering dilakukan oleh beberapa orang saat ini. Tidak hanya menelpon saja, karena untuk SMS kini juga masih banyak yang menggunakan fitur ini. Karena sekarang rata-rata sudah menggunakan aplikasi chatting WhatsApp yang bisa mengirim pesan teks serta melakukan panggilan Telepon.

Kelebihan mengirim pesan teks dengan aplikasi seperti WhatsApp dan melakukan panggilan Telepon dengan aplikasi tersebut ialah biayanya lebih murah. Namun kekurangannya sangat jelas sekali jika kita tidak terhubung ke internet maka kita tidak akan bisa mengirim pesan dan melakukan panggilan.

Sedangkan untuk SMS dan Telepon dengan pulsa memang terbilang agak boros dan mahal, namun kita bisa melakukan 2 hal tersebut dengan syarat kita memiliki pulsa atau kuota SMS dan Nelpon serta jaringan seluler tersedia tanpa koneksi internet sama sekali.

Untuk saya sendiri Menelpon dengan jaringan seluler masih saya andalkan karena untuk kualitasnya lebih baik dan lebih bagus dari pada menggunakan koneksi internet yang tidak stabil. Sedangkan untuk mengirim pesan teks saya menggunakan layanan lainnya tidak selalu WhatsApp.

Lama tidak pernah melakukan panggilan keluar banyak orang yang merasa kebingungan kenapa tidak bisa melakukan Telepon. Saya sering melihat ada yang mengeluh bahwa mereka tidak bisa melakukan panggilan keluar atau menelpon seseorang.

Ada beberapa penyebab HP tidak bisa Telepon atau melakukan panggilan keluar namun untuk menerima panggilan masih bisa. Maka dari itu kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi dan solusinya jika tidak bisa menelpon seseorang.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara mencegah nomor spam menelpon kita dan cara menolak ajakan video call oleh seseorang supaya orang tersebut percaya. Berikut solusi tidak bisa menelpon nomor seseorang dengan HP kita.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Untuk Menelpon


1. Pastikan Nomor Kalian Memiliki Pulsa/Paket/Kuota Nelpon


Yang pertama pastikan bahwa nomor HP kalian memiliki sisa pulsa yang cukup, ada paket nelpon yang aktif, atau tersedia kuota nelpon yang aktif. Jangan sampai karena tidak pernah isi pulsa karena selalu menggunakan kuota internet kalian jadi lupa.

Lupa karena apa? Lupa bahwa pulsa tidak ada tapi ingin melakukan panggilan keluar. Ini sangat sering terjadi apalagi jika saat-saat penting sampai bingung kenapa tidak bisa melakukan telepon keluar, eh ternyata pulsanya tidak ada.

Sebenarnya jika kita tidak memiliki pulsa namun masih ada paket nelpon yang aktif atau kuota nelpon masih tersisa beberapa menit kalian tetap bisa melakukan panggilan keluar. Kecuali jika pulsa tidak ada, tidak ada paket nelpon yang aktif, dan kuota nelpon telah habis maka tidak akan bisa.

2. Pastikan Nomor Dalam Masa Aktif


Berikutnya pastikan nomor kalian dalam masa aktif tidak dalam masa tenggang atau masa grace. Jika dalam masa tenggang setau saya tidak bisa untuk menelpon dan SMS. Namun untuk di beberapa operator masih bisa digunakan untuk internetan.

3. Jangan Kunci Jaringan di 4G LTE Only


Ini adalah kebiasaan buruk yang cukup sering dilakukan oleh beberapa orang. Karena jika kita hanya menggunakan jaringan 4G LTE saja maka kita tidak akan bisa melakukan panggilan dan SMS keluar serta tidak akan bisa menerima panggilan masuk dan SMS masuk.

Karena untuk sekarang jaringan 4G hanya bisa untuk internetan saja kecuali 4G milik Smartfren karena sudah VoLTE. Saya sendiri sudah pernah membahas mengenai hal ini dan untuk lebih jelasnya kalian bisa baca kenapa di 4G kita tidak bisa SMS dan Menelpon.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi jika tidak bisa melakukan panggilan keluar atau tidak bisa menelpon seseorang dengan HP kita. Walaupun kita sudah tidak pernah SMS dan Menelpon, mengisi pulsa hal yang wajib karena kita tidak tau hal penting akan terjadi seperti apa dan dimana.

Jika kalian pengguna kartu XL, kalian juga perlu tau kenapa nomor XL tidak bisa untuk mengirim pesan. Ini sudah saya jelaskan dengan detail dan kalian tinggal membaca serta memahaminya saja. Semoga informasi yang sudah saya berikan selalu bermanfaat.


EmoticonEmoticon