Perbedaan MV, VC, dan PV Dalam Musik

Perbedaan MV, VC, dan PV Dalam Musik

KEPOINDONESIA.id - Saat menonton video di YouTube pasti kalian sering melihat video musik yang pada judulnya ada tambahan M/V. Saya sangat sering melihat M/V atau MV di YouTube, karena terlalu sering melihatnya saya menjadi penasaran.

Seketika saya cari tahu dan saya menemukan apa penjelasannya. Selain MV ada juga VC dan PV. Ketiganya memiliki arti dan pengertian yang sama hanya saja penyebutannya yang berbeda.

Jika kalian sudah melihat pembahasan saya mengenai arti N/A dan T/A pasti kalian tau. Keduanya berbeda akan tetapi memiliki arti yang sama. Terlepas dari itu semua, pasti kalian penasaran juga kepanjangan dari MV, VC, dan PV itu apa.

Oleh karena iu kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian ketiga istilah tadi. Selain saya jelaskan pengertiannya saya juga akan menjelaskan kepanjangan dari masing-masing singkatan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca istilah lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan PTS dan p.a serta pengertian GPC dan SWC. Berikut penjelasan saya mengenai P/V, M/V, dan VC.

Jadi ketiganya memiliki arti yang sama yaitu video pendek yang didampingi dengan musik atau lagu. Ini biasa digunakan supaya arti lirik dalam lagu lebih tercapai dan penonton menjadi lebih simpatik.

Sedangkan untuk singkatannya masing-masing berbeda. M/V singkatan dari Music Video, P/V singkatan dari Promotional Video, sedangkan V/C singkatan dari Video Clip. Untuk penggunaannya dari informasi yang saya dapat ternyata berbeda.

Music Video banyak digunakan dalam video yang berasa dari Korea, Promotional Video dalam video yang berasal dari Jepang, sedangkan untuk Video Clip digunakan di negara Indonesia. Akan tetapi untuk sekarang ini saya rasa semua orang bebas ingin menggunakan yang mana.

Menurut saya Music Video lebih bagus, selain itu jika disingkat menjadi lebih keren karena menjadi M/V. Berikut contoh penggunaan M/V "Naruto Sad - Death Bed M/V" atau "Death Bed Girl Version M/V"

Itu dia sedikit penjelasan saya mengenai Music Video, Video Clip, dan Promotional Video. Semoga kalian yang belum tau menjadi tau dan kalian yang sudah tau dan ada kesalahan dalam artikel ini tolong untuk di koreksi.


EmoticonEmoticon