Pengertian No-Reply Email Yang Perlu Kalian Ketahui

Pengertian No-Reply Email Yang Perlu Kalian Ketahui

KEPOINDONESIA.id - No-Reply email atau noreply email pasti kalian sudah tidak asing lagi. Email tersebut sering kalian dapatkan di kotak masuk email dari beberapa layanan yang kalian daftar. Misalnya noreply email dari Facebook dan YouTube.

Banyak sekali layanan yang menggunakan email jenis ini. Misalnya untuk promosi ataupun sekedar pemberitahuan saja. Yang jelas email ini tidak berbahaya asalkan noreply email berupa subdomain bukan domain.

Misalnya accounts-noreply@youtube.com, ini adalah domain asli YouTube yang membuat subdomain accounts-noreply untuk dijadikan email No-Reply. Sedangkan youtube@noreply.com adalah palsu atau fake, jika memang ada.

Lalu apa itu yang dimaksud dengan email no-reply? Supaya kalian tau, kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian email noreply. Saya yakin masih banyak orang yang belum paham mengenai email yang satu ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti pengisian subjek email yang benar serta solusi notifikasi di aplikasi Gmail tidak mau muncul.

Apa Itu No-Reply Email?


Penggunaan noreply di email perusahaan atau layanan bertujuan supaya pengguna tau bahwa email tersebut tidak memerlukan balasan. Email dengan subdomain noreply biasanya dibuat sebagai pemberitahuan, oleh karena itu tidak perlu balasan.

Jika ingin komplain atau menghubungi pihak terkait lalu lewat mana? jika email tersebut tidak memerlukan balasan. Untuk komplain atau hal yang lainnya biasanya perusahaan dan pihak layanan memiliki email lain yang bisa dihubungi.

Misalnya email pemberitahuan dari blog ini yaitu noreply@kepoindonesia.id. Sedangkan untuk menghubungi saya dengan tujuan apapun kalian bisa menggunakan email kontak, misalnya cs@kepoindonesia.id.

Membalas Email No-Reply?


Ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Yang pertama kalian tidak akan mendapatkan balasan sampai kapanpun karena itu adalah email sistem dan tidak ada admin atau customer service yang akan membuka email tersebut.

Sedangkan kemungkinan yang kedua akan ada balasan otomatis bahwa email tidak bisa terkirim karena alamat email tidak menerima balasan. Nah biasanya untuk layanan besar jika pengguna membalas email noreply maka akan ada penjelasan bahwa email tadi tidak menerima balasan.

Itu dia penjelasan saya mengenai noreply@email.com. Semoga kalian tau bahwa email tersebut tidak perlu balasan. Pernah melihat SMS masuk dan muncul tulisan "Pengirim tidak mendukung balasan"?

Itu sama seperti noreply email, akan tetapi di email tombol balas tetap bisa di tekan. Sedangkan di aplikasi pengirim pesan terbaru seperti Message milik Google jika nomor tidak mendukung balasan akan tampil peringatan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Mungkin kalian perlu tau artikel tentang cara mengatasi nomor telepon tidak bisa digunakan untuk verifikasi akun Gmail. Karena 1 nomor hanya bisa digunakan untuk membuat 3 akun Gmail saja, jika ingin lebih kalian harus tau caranya.


EmoticonEmoticon