Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Notifikasi Gmail Yang Tidak Muncul

Cara Mengaktifkan dan Mengatasi Notifikasi Gmail Yang Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi Gmail adalah aplikasi yang pasti ada di perangkat Android. Jadi bisa dibilang setiap ponsel Android wajib terhubung dengan akun Google yang memiliki layanan Gmail supaya perangkat Android bisa digunakan secara penuh.

Karena jika Android tidak terhubung dengan akun Google baik akun Google yang baru dibuat atau akun yang sudah dibuat maka kita tidak bisa menggunakan layanan Google Play Store. Singkatnya kita tidak bisa download dan install aplikasi yang ada di Play Store.

Sekarang sudah banyak orang yang menggunakan Gmail menjadikan layanan email utama. Dulu jika kita membeli HP Android, sudah dipastikan layanan Gmail tidak akan digunakan atau bahkan di nonaktifkan karena membuat perangkat sedikit berat.

Namun sekarang tidak, malah banyak orang yang lebih suka menggunakan layanan email gratis dari Gmail karena mudah digunakan, fiturnya banyak, serta lebih aman karena dimiliki oleh Google. Tetapi jika notifikasi dari aplikasi Gmail tidak muncul atau tidak masuk, mungkin saja ada peraturan yang sudah kalian ubah secara tidak sengaja.

Peraturan yang sudah kalian ubah menyebabkan jika ada pesan masuk di akun Gmail kita maka aplikasi Gmail tidak memunculkan pemberitahuan atau notifikasi secara real time. Singkatnya kita perlu membuka aplikasi Gmail dan melakukan refresh terlebih dahulu.

Bagaimana cara mengaktifkan notifikasi Gmail supaya muncul secara real time? Jadi kita dapat mengetahui ada email masuk secara cepat tanpa harus membuka aplikasi Gmail. Kalian bisa simak artikel ini sampai selesai, karena saya akan membahasnya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan tentang notifikasi Gmail yang tidak muncul kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara mengakses Google Drive di Komputer dan cara menandai email di Gmail.

Solusi Pemberitahuan Email Dari Gmail Tidak Muncul


1. Langkah pertama silakan kalian buka aplikasi Gmail, lalu klik menu di bagian kiri layar


2. Kemudian pilih Setelan

2. Kemudian pilih Setelan

3. Pilih email yang ingin dimunculkan notifikasi nya secara real time

3. Pilih email yang ingin dimunculkan notifikasi nya secara real time

4. Jika Sinkronkan Gmail tidak aktif, silakan di aktifkan

4. Jika Sinkronkan Gmail tidak aktif, silakan di aktifkan

5. Terakhir Aktifkan Sinkronisasi Otomatis

5. Terakhir Aktifkan Sinkronisasi Otomatis

Jika kalian sudah mengaktifkan sinkronisasi otomatis di akun Gmail maka nantinya jika ada pesan masuk di email tersebut maka notifikasi akan langsung muncul. Sedangkan pada akun Gmail lainnya tidak akan muncul, karena tidak di aktifkan. 

Saran saja memang lebih baik aktifkan sinkronisasi otomatis di akun utama saja, supaya HP kita tidak penuh dengan notifikasi dari Gmail. Jika kalian tidak tau cara melihat email lama di Gmail, saya sudah membahasnya. Jadi kalian bisa langsung membacanya jika belum tau.


EmoticonEmoticon