3 Pengisian Subjek Yang Benar Saat Mengirim Email

3 Pengisian Subjek Yang Benar Saat Mengirim Email

KEPOINDONESIA.id - Saat ingin mengirimkan email selain isi dari email yang ingin kalian kirimkan mengisi subjek sangat penting sekali. Jangan sampai email yang kalian kirimkan tidak dibaca oleh penerima karena tidak mengisi subjek atau menggunakan subjek yang salah. 

Karena subjek sama seperti judul pada sebuah artikel di blog atau judul di video yang ada di YouTube. Singkatnya Subjek atau Subject berfungsi untuk menarik pembaca sebelum pembaca membuka email tersebut. 

Selain menarik pembaca pengisian subjek juga dapat membantu mengkategorikan email tanpa perlu membaca email terlebih dahulu. Karena itu jika kalian ingin melamar kerja lewat email wajib untuk mengisi Subjek pada email yang kalian kirimkan. 

Apakah wajib menggunakan subjek? Jawabannya tidak. Tetapi untuk keperluan bisnis supaya email yang kalian kirimkan lebih rapi dan bagus sangat perlu mengisi bagian subjek. Dan disarankan subjek wajib berkaitan tentang isi email. 

Tetapi jika kalian menggunakan email hanya untuk mengirim foto atau video hasil rekaman dari kamera ke orang lain penggunaan subjek tidak perlu. Karena yang terpenting file yang kalian kirimkan sampai ke tujuan. 

Lalu bagaimana pengisian subjek yang benar? Ada beberapa jenis subjek yang bisa kalian gunakan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara merubah tampilan aplikasi Gmail serta cara mengirimkan foto lewat Gmail

Contoh Pengisian Subjek Pada Email


1. Kepentingan


Yang pertama yaitu kalian bisa mengisi kolom subjek dengan kepentingan kalian menghubungi alamat email tersebut. Sebagai contoh kalian ingin mengikuti kontes penulis "Agustus Mari Menulis" dan ada ketentuan yang kalian anggap kurang jelas. 

Pada kontes tersebut pasti ada alamat email yang bisa kalian hubungi. Nah pada saat menghubungi alamat email tersebut untuk mendapatkan penjelasan pada kolom subjek bisa kalian isi dengan "Kontes Agustus Mari Menulis" atau cuma "Agustus Mari Menulis". 

Setelah mengisi bagian subjek kalian bisa langsung jelaskan tujuan kalian menghubungi pihak penyelenggara. Saya yakin jika kalian menggunakan subjek tersebut pihak penyelenggara akan langsung membalasnya. 

2. Melamar Pekerjaan


Umumnya subjek yang digunakan saat melamar pekerjaan dengan cara mengirim email ke perusahaan yaitu menggunakan subjek "Melamar Pekerjaan". Itu sudah benar dari pada tidak menggunakan subjek sama sekali. 

Tetapi yang perlu kalian tau terkadang ada informasi lowongan kerja dengan cara mengirimkan email ke email perusahaan memiliki ketentuan sendiri. Sebagai contoh wajib menggunakan subjek "Bagian yang dilamar + nama pelamar". 

Nah ini biasanya banyak yang kecolongan alias tidak sadar. Jika ketentuannya sudah seperti itu kalian bisa menggunakan subjek seperti ini "Bagian Marketing Joni Rayhan" bukan hanya "Melamar Pekerjaan" atau "CV Joni Rayhan".

3. Kepemilikan Kita


Yang terakhir yaitu kalian bisa menambahkan file yang terlampir + nama kalian. Sebagai contoh kalian mengirimkan sebuah foto kepada seseorang, kalian bisa mengisi subjek dengan kalimat "Dipotret Oleh Ray" atau "Foto Milik Ray". 

Nah itu dia beberapa pengisian subjek dalam email. Kalian tidak usah bingung saat mengisi subjek ketika ingin mengirimkan email. Setelah kalian melakukan pengiriman email beberapa kali nantinya kalian akan tau sendiri subjek yang benar seperti apa.

Selain itu jika kalian tidak bisa menulis simbol @ atau at di Komputer dan Laptop kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Karena saat mengirimkan email kalian wajib menggunakan simbol tersebut karena simbol tadi ada di semua alamat email.


EmoticonEmoticon