Solusi Mengatasi Kode Dial *#0*# Tidak Berfungsi di Samsung

Solusi Mengatasi Kode Dial *#0*# Tidak Berfungsi di Samsung

KEPOINDONESIA.id - Ada banyak sekali kode tersembunyi, kode rahasia, atau lebih tepatnya kode dial karena diakses lewat papan panggilan untuk bisa masuk ke fitur atau tools yang ada di Android. Sebagai contoh kode untuk mengecek IMEI yaitu *#06#, saya yakin kalian semua sudah tau kode tersebut.

Bahkan kode cek IMEI tadi tidak hanya di Android tetapi juga bisa digunakan di iOS. Dari beberapa kode yang ada saya kira hanya kode dial cek IMEI saja yang berlaku di semua perangkat mulai dari HP tanpa sistem operasi, HP Android, dan iOS.

Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai kode *#0*# yang tidak berlaku atau tidak berfungsi di HP Android Samsung. Kode tersebut seharusnya berfungsi di HP Samsung karena memang kode tersebut khusus untuk HP Samsung.

Apa fungsi dari *#0*# dan bagaimana cara mengatasi jika kode tersebut tidak berfungsi? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Dari beberapa kode rahasia Samsung yang ada kode tersebut terbilang cukup penting.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti kode pengaman Nokia jadul yang perlu kalian ketahui serta cara daftar dan menggunakan paket OMG dari Telkomsel.

Fungsi Kode *#0*# di Samsung


Kode tersebut berfungsi untuk mengecek bagian layar HP Samsung yang kalian miliki. Jadi kode tersebut merupakan kode test layar Samsung baik untuk mengetes Touch Screen atau untuk mengetest LCD Samsung.

Untuk tes Touch Screen saya yakin kalian sudah tau yaitu untuk mengetahui apakah ada bagian layar sentuh yang tidak berfungsi atau bermasalah. Sedangkan tes LCD berfungsi untuk mendeteksi masalah di LCD seperti dead pixel, shadow, bercak di LCD atau yang lainnya.

Cara Mengatasi Kode *#0*# Yang Tidak Berfungsi


Seharusnya sama-sama Samsung bisa menggunakan kode yang sama akan tetapi kenyataannya tidak. Ada beberapa faktor kenapa perangkat Android dari produsen yang sama tidak bisa menggunakan kode test yang sama. 

Salah satu faktor penyebabnya ialah karena prosesor yang digunakan berbeda. Karena ada Mediatek dan ada Snapdragon. Jika kalian mencoba *#0*# tetapi tidak berfungsi silakan kalian gunakan kode test lainnya yaitu *#*#88#*#*.

Walaupun kode nya berbeda akan tetapi nantinya akan masuk ke menu yang sama. Ini menjadi hal biasa dan kalian tidak usah bingung. Yang terpenting kalian berhasil masuk ke menu untuk test layar HP Samsung yang kalian miliki.

Ada beberapa HP Samsung yang memang hanya bisa menggunakan kode *#*#88#*#* seperti Samsung Galaxy A02s, Samsung Galaxy A20s, Samsung Galaxy A10s dan masih banyak yang lainnya. Jadi kalian bisa coba terlebih dahulu untuk bisa langsung mengetahuinya.

Itu saja yang bisa saya jelaskan sebelum saya akhiri kalian perlu tau mengenai kode *20*500# yang bisa membuat kalian panik dan bingung. Kode tersebut kode apa dan bagaimana cara mengembalikannya jika sudah menggunakan kode tadi? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. 


EmoticonEmoticon