3 Tips Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Terisi Penuh

3 Tips Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mau Terisi Penuh

KEPOINDONESIA.id - Laptop dapat digunakan tanpa terhubung ke listrik jika baterai Laptop terisi. Oleh karena itu salah satu faktor saat memilih Laptop baru yaitu Laptop yang memiliki daya baterai yang kuat minimal bisa bertahan lebih dari 6 jam.

Karena fungsi Laptop sedikit berbeda dengan Komputer. Laptop di tujukan untuk orang produktif yang selalu menggunakan Laptop di tempat yang berbeda beda. Nah karena tidak semua tempat memiliki stop kontak daya tahan baterai lah yang menjadi kunci utama.

Salah satu yang sering terjadi di Laptop lama yaitu baterai tidak bisa penuh saat di cas atau di charger. Saya yakin beberapa dari kalian pernah mengalami masalah serupa, yaitu Laptop kalian saat di charger tidak mau penuh atau full.

Persentase baterai berhenti di 80%, 95%, atau 98%. Yang jelas kasusnya sama yaitu baterai Laptop tidak mau mengisi sampai penuh ke 100% dan lampu indikator tidak berubah menjadi biru. Sebelum lampu indikator berubah menjadi warna biru itu menandakan baterai belum 100% terisi.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau solusi jika saat di cas Laptop berhenti dan tidak mau penuh ke 100%?. Ada beberapa solusi yang bisa kalian coba. Solusi ini sering saya coba dan berhasil, jadi kemungkinan besar jika kalian mencobanya pasti akan berhasil juga.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai baterai Laptop tidak mau di cas sampai penuh kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti solusi tidak bisa mengetik di Microsoft Word serta solusi Windows Defender tidak mau aktif.

Solusi Baterai Laptop Tidak Mau Terisi Penuh


1. Charging Laptop Pada Kondisi Mati


Benar sekali, kalian wajib mencoba cara pertama yaitu lakukan pengecasan Laptop dalam kondisi mati. Cara ini bisa kalian lakukan setelah menunggu berapa saat tetapi persentase baterai tidak mau penuh dan indikator baterai tetap berwarna orange.

Ini bisa terjadi karena kalian tidak pernah mengecas Laptop dalam kondisi mati alias selalu di charger dalam kondisi menyala atau saat digunakan. Oleh karena itu sesekali kalian wajib mengecas Laptop dalam kondisi mati dari baterai lemah sampai baterai full minimal 2 bulan sekali.

2. Lakukan Kalibrasi


Berikutnya kalian bisa mencoba melakukan kalibrasi. Bagaimana cara kalibrasi baterai Laptop? Cara kalibrasi baterai Laptop sangatlah mudah sekali. Kalian bisa melakukan kalibrasi minimal 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali.

Caranya silakan kalian gunakan Laptop sampai baterainya habis. Lalu cas sampai penuh jika bisa, jika tidak penuh juga tidak apa-apa karena tujuan kalibrasi supaya baterai Laptop bisa penuh kembali. Setelah itu kalian diamkan Laptop menyala layarnya tanpa digunakan.

Maka konsumsi baterai Laptop hanya akan digunakan oleh layar saja. Setelah itu tunggu sampai Laptop mati karena kehabisan baterai. Selanjutnya kalian charger dalam kondisi mati sampai baterai full.

3. Lepas Baterai Laptop


Setelah kalian mencoba melakukan charger dalam kondisi Laptop mati tetapi baterai tetap tidak mau penuh dan kalian sudah mencoba melakukan kalibrasi tetapi hasilnya tetap sama saja maka kalian bisa mencopot baterai Laptop terlebih dahulu.

Silakan kalian copot dan pasang lagi setelah 15 menit. Selanjutnya silakan kalian cas dalam kondisi mati lalu lakukan kalibrasi setelah baterai penuh. Saya jamin baterai Laptop yang tidak mau penuh akan normal kembali.

Nah sangat mudah bukan mengatasi Laptop tidak mau penuh saat dicas. Sedangkan untuk mengatasi baterai Laptop yang cepat habis tidak ada cara yang bisa kalian coba. Karena ini berkaitan dengan daya tahan baterai yang semakin lama akan semakin berkurang.

Pilihan satu-satunya kalian bisa membeli Laptop baru atau membeli baterai untuk Laptop yang kalian gunakan sekarang. Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau cara servis Laptop ke tukang servis. Kalian perlu tau cara yang benar supaya biaya yang diperlukan tidak terlalu mahal.


EmoticonEmoticon