5 Solusi Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Microsoft Word

5 Solusi Mengatasi Tidak Bisa Mengetik di Microsoft Word

KEPOINDONESIA.id - Mengetik dengan Microsoft Word salah satu pekerjaan yang mudah dilakukan dan paling awal dipelajari sebelum mencoba aplikasi lainnya yang tergabung dalam keluarga Microsoft Office. Saya yakin semua orang bisa menggunakan MS Word karena penggunaannya cukup mudah.

Bagi orang awam sekalipun belajar Word tidaklah sulit dari pada belajar Microsoft Excel ataupun Microsoft Power Point. Selain itu pekerjaan kantoran umumnya lebih banyak menggunakan Word dari pada Excel.

Cara mengetik di MS Word sangat mudah sekali kalian cukup buat lembar kerja baru lalu mulailah mengetik. Baik Microsoft Word 2007, 2010, 2013, atau 2016 langkah awal untuk membuat dokumen baru sama saja.

Hanya saja tiap masing-masing versi MS Word tampilannya sedikit berbeda, khususnya pada Microsoft Word 2007 akan sangat berbeda dengan MS Word 2010 keatas. Nah yang sering menjadi masalah yaitu tidak bisa mengetik di Word atau Microsoft Word.

Banyak kasus tidak bisa mengetik dokumen lewat Microsoft Word yang membuat penggunanya menjadi kebingungan. Ada banyak faktor kenapa kita tidak bisa mengetik atau teks tidak muncul di MS Word.

Untuk tau lebih jelas tentang masalah tersebut kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas seperti cara menambahkan teks lewat Paint serta cara menonaktifkan koreksi di Microsoft Word.

Cara Memperbaiki Tidak Bisa Mengetik di MS Word


1. Pastikan Keyboard Normal


Yang pertama kalian wajib memastikan bahwa keyboard normal, baik keyboard Laptop atau keyboard eksternal untuk Komputer. Caranya kalian bisa mengetik beberapa kalimat di kolom pencarian seperti saat ingin mencari sesuatu di internet.

Jika muncul teks saat menekan keyboard berarti yang bermasalah bukan keyboard yang kalian gunakan. Tetapi jika keyboard di tekan tetapi tidak muncul teks nya kemungkinan ada masalah pada keyboard Laptop atau Komputer yang kalian miliki.

2. Tidak Ada Lembar Kerja


Jangan sampai kalian hanya membuka Microsoft Word nya saja tetapi tidak membuat atau membuka lembar kerja yang ingin dikerjakan. Ini sangat sering terjadi pada orang yang baru menggunakan perangkat Komputer lalu mencoba MS Word.

Oleh karena itu pastikan kalian membuat lembar kerja baru. Tanpa ada lembar kerja kalian mengetik di keyboard sampai kapanpun teks tidak ada muncul.

3. Microsoft Word Not Responding


Berikutnya yaitu karena aplikasi Microsoft sedang Not Responding atau tidak bekerja. Jika aplikasi sedang Not Responding semua perintah yang kalian pilih tidak akan bekerja pada aplikasi tersebut.

Solusinya jika aplikasi sering Not Responding silakan kalian cari penyebabnya. Mungkin karena faktor kapasitas RAM yang pas-pasan atau faktor CPU pada perangkat kalian tidak mendukung membuka beberapa aplikasi.

4. Matikan Proteksi Dokumen


Mungkin saja kalian tidak bisa mengetik atau menambah teks pada dokumen yang sudah ada karena dokumen tersebut terlindungi. Oleh karena itu kalian wajib mematikan Document Protection terlebih dahulu.

Caranya silakan kalian buka menu File>Info>Protect Document> pastikan pilihan Make as Final, Editing Restrict, dan Restrict Access dalam keadaan mati. Jika aktif silakan kalian non-aktifkan.

5. Masukan Lisensi Microsoft Word


Saya sendiri belum pernah mengalami tidak bisa mengetik atau tidak bisa save dokumen di MS Word karena belum menginput lisensi. Tetapi untuk aplikasi seperti Corel Draw, jika masa trial habis memang tidak bisa untuk menyimpan gambar yang sudah kita buat tadi.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kalian mencoba menginput lisensi Microsoft Word supaya menjadi full version. Karena banyak fitur yang bisa kalian coba di versi full version.

Nah itu dia beberapa solusi dan penyebab kenapa kita tidak bisa mengetik di Microsoft Word. Ada banyak sekali faktor dan penyebabnya, untuk mengetahui penyebab yang kalian alami kalian bisa mencoba satu-persatu cara diatas.

Selain itu bagi kalian yang tidak tau cara save dokumen di Microsoft terbaru supaya bisa dibuka di Microsoft Word 2007 kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan cara save dokumen yang benar untuk MS Word 2007.


EmoticonEmoticon