Minggu, 18 Agustus 2019

4 Cara Mengatasi Suhu Terlalu Tinggi, Terlalu Rendah, dan Dijeda Saat Proses Charging

4 Cara Mengatasi Suhu Terlalu Tinggi, Terlalu Rendah, dan Dijeda Saat Proses Charging

KEPOINDONESIA.id - HP merupakan perangkat yang kini selalu dipegang oleh orang-orang, tidak perduli waktu, tempat, dan suasana. Namun tidak selamanya kita bisa menggunakan HP seperti ponsel pintar atau smartphone, karena baterai di sebuah HP juga terbatas. Seperti yang kita tau, jika habis tinggal di cas atau charger saja, namun berbeda jika jika mendapati peringatan suhu terlalu tinggi baterai tidak terisi penuh saat proses pengecasan.

Hal seperti ini pasti sering dialami oleh beberapa pengguna smartphone, khususnya Android. Kenapa Android? setau saya yang ada notifikasi seperti itu di Android saja, karena di iOS tidak ada. Namun terkadang peringatan ini sedikit error, alias HP kita tidak panas dan tidak dibuat ngegame namun saat di cas malah suhu terlalu tinggi.

Kasus seperti itu sering kali terjadi. Pop-up yang akan kalian dapatkan jika mengecas HP dalam kondisi panas atau baru saja dibuat untuk bermain game salah satunya seperti ini "Suhu terlalu tinggi, baterai tidak bisa diisi daya secara penuh". Namun di beberapa merk pasti tulisannya akan berbeda.

Seperti suhu terlalu tinggi di Oppo, seperti Oppo F1S suhu terlalu tinggi ini sering kali muncul. Di vendor Samsung, ASUS,dan Xiaomi pun juga sering muncul peringatan seperti itu. Namun jika penggunanya tau bagaimana cara menggunakan smartphone yang benar saya rasa hal seperti itu tidak akan terjadi.

Suhu terlalu tinggi, baterai tidak bisa diisi daya secara penuh

Selain suhu yang terlalu tinggi, ada juga beberapa peringatan yang sering muncul yaitu Pengisian baterai dijeda., suhu baterai terlalu tinggi., Pengisian baterai dijeda, suhu terlalu rendah., Charging paused, Battery temperature too low., Charging paused, Battery temperature too high., dan Battery temperature is Over 60, Your device will shutdown in 1 seconds.

Sebenarnya hal-hal diatas bisa dibilang ada benarnya jika suhu HP kita berlebihan sangat berbahaya untuk melakukan pengisisan daya sehingga muncul peringatan seperti itu. Namun terkadang hanya error saja alias HP kita adem-adem saja namun muncul peringatan seperti itu.

Untuk itu kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi suhu terlalu tinggi, rendah atau yang yang lainnya pada saat proses charging. Namun sebelum itu kalian bisa baca solusi pengisian baterai tidak mau penuh dan cara menghilangkan tulisan ubah pengisian daya saat proses pengecasan.

Solusi Masalah saat Proses Charging


1. Diamkan HP Sejenak


Nah cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah diamkan HP kalian sejenak jika saat proses charging muncul salah satu peringatan yang ada diatas. Caranya cabut smatphone atau ponsel nya lalu diamkan di tempat yang sejuk, saya rekomendasikan di atas lantai yang aman dan tidak strategis supaya tidak terinjak.

Cara ini supaya HP kita benar-benar dingin dan aplikasi yang berjalan menjadi stabil ataupun berhenti. Cukup diamkan 1-5 menit saja sudah cukup, jika sudah silakan kalian colokan lagi lalu cobalah untuk mengecasnya.

2. Pindah Posisi Stop Kontak


Nah jika dengan cara pertama tidak berhasil, kalian bisa mencoba untuk pindah stop kontak yang untuk mencharger HP kalian itu. Hal ini wajib dicoba walaupun tidak selalu berhasil, karena terkadang salah satu stop kontak di rumah kalian arusnya tidak stabil dan jika digunakan untuk mengecas sebuah HP bisa menimbulkan peringatan seperti itu.

Hal ini hanya berlaku pada smartphone atau ponsel pintar yang memiliki fitur pengaman charging, jika tidak ada ada 2 ciri yang bisa kalian lihat. Yaitu jika arus di stop kontak tidak stabil maka HP kalian akan lebih panas dari biasanya ataupun proses pengecasannya jadi lebih lambat.

3. Ganti Charger


Hal yang bisa kalian lakukan selanjutnya ialah mengganti charger HP kalian dengan charger yang lain. Untuk yang satu ini banyak faktor kenapa kita disarankan untuk mencoba dengan charger HP lain yang serupa. Nah salah satunya untuk mengecek bahwa yang bermasalah charger kita ataupun HP kita.

Sedangkan pengalaman saya pribadi, yang sering rusak ialah kabel chargernya, jadi kalian sangat disarankan untuk memiliki lebih dari 1 kabel data atau kabel charger yang sesuai dengan port pada HP kalian.

4. Reboot


Jika sudah sampai ganti cas-casan atau charger tidak berhasil, saya sarankan untuk mereboot atau restart HP kalian supaya software dan aplikasi yang terinstall menjadi stabil. Yang perlu diperhatikan yaitu jaga suhu HP dan pastikan bahwa benar-benar dingin. Semoga jika sudah di reboot nantinya akan normal kembali.

Nah itu dia cara mengatasi beberapa masalah seperti suhu terlalu tinggi, terlalu rendah dan dijeda saat proses charging sebuah smartphone. Kalian bisa mengatasinya tanpa service jika hanya masalah seperti itu, namun jika tidak hilang-hilang mungkin ada hardware yang rusak dan perlu diganti jadi jika hardware yang bermasalah kalian wajib membawanya ke tukang servis.

Dan jika kalian belum tau penyebab layar tidak mau mati saat menelpon, kalian bisa baca cara mengatasi layar HP yang tidak mati saat bertelepon. Hal ini sering dikeluhkan banyak orang karena bisa saja terpencet tombol end call.


EmoticonEmoticon