4 Tata Cara Service Laptop ke Tukang Service Yang Benar

4 Tata Cara Service Laptop ke Tukang Service Yang Benar

KEPOINDONESIA.id - Servis laptop adalah salah satu hal yang biasa kita lakukan jika Laptop yang kita miliki bermasalah. Baik permasalahan ringan seperti keyboard tidak bisa digunakan atau mencet sendiri sampai permasalahan serius seperti Laptop yang mati total.

Jika laptop masih bisa digunakan dan tidak mengganggu kegiatan kita, kalian tidak perlu melakukan service itu tidak menjadi masalah. Tetapi jika Laptop tidak bisa menyala karena berbagai faktor misalnya karena mati total, blue screen atau black screen kalian perlu melakukan service.

Laptop tiba-tiba rusak dan tidak bisa digunakan ini hal yang wajar terjadi. Yang pertama seperti yang kita ketahui Laptop termasuk barang elektronik. Selain itu antara hardware dan software pada Komputer satu sama lain saling berkaitan.

Saya kira Komputer baik Laptop atau PC adalah barang elektronik yang mempunyai komponen yang cukup rumit. Jika Laptop kita perlu di servis, apa yang perlu dilakukan pertama kalinya? Saya akan membahas langkah-langkah yang bisa kalian lakukan sebelum melakukan servis Laptop ke tukang service.

Terkadang jika hanya error kecil bisa kita perbaiki sendiri. Tetapi di beberapa kejadian kita perlu menyerahkannya ke orang yang sudah paham dan ahli supaya Laptop yang kita miliki rusaknya tidak bertambah parah.

Ada beberapa poin penting yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan service Laptop ke tukang Service. Namun sebelum saya jelaskan poin-poin pentingnya apa saja kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti cara melakukan screenshot sebagian di Komputer Windows 10 serta cara menyimpan dokumen Word supaya tidak berantakan. Berikut tips yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk service Laptop.

Tips Saat Service Laptop ke Tempat Servis


1. Pastikan Laptop Perlu di Service


Pertama yang perlu kalian pastikan yaitu pastikan bahwa Laptop yang kalian miliki memang perlu di service. Sebagai contoh tidak bisa dinyalakan, lampu indikator nyala tapi Laptop tidak nyala dan beberapa kerusakan yang sering terjadi pada sebuah Laptop.

Jika komputer kalian lemot, baterai cepat habis, dan Windows Defender tidak bisa aktif hal tersebut tidak perlu dilakukan service. Untuk permasalahan baterai jika baterai sudah berumur memang waktunya untuk ganti.

2. Cari Tempat Service Terpercaya


Setelah kalian tau bahwa Laptop kalian memang butuh service, langkah berikutnya yaitu mencari tempat service yang terpercaya. Silakan kalian cari di kota kalian tempat service yang terpercaya yang memiliki pelanggan yang banyak.

Walaupun proses servisnya lama karena pelanggan pada tempat tersebut banyak, itu tidak terlalu merugikan kita. Yang terpenting Laptop kesayangan kalian di tangani oleh teknisi handal supaya keadaan Laptop kalian tidak semakin buruk.

3. Logout & Hapus Data Penting


Langkah ini untuk mencegah data penting kita diketahui oleh orang lain. Saya yakin para teknisi sangat menghormati kita sebagai pelanggan dan mereka tidak akan melihat data dan file yang kita miliki di Laptop jika tidak diperlukan.

Tetapi tetap saja jika kasusnya Laptop masih bisa nyala, lebih baik kalian hapus file penting atau pindahkan ke penyimpanan yang lainnya. Kalian tidak usah backup semua file, jika di perlukan para teknisi dapat melakukannya dengan mudah.

4. Beri Kesan Positif dan Persiapkan Uang


Langkah terakhir kalian harus memberikan kesan bahwa kita percaya pada mereka untuk memperbaiki Laptop yang kita miliki. Jangan sesekali kalian meremehkan para teknisi dengan memberitahukan hal-hal yang tidak penting yang bisa menyinggung para teknisi.

Selain itu kalian juga perlu menyiapkan uang untuk mengambil Laptop kalian nantinya jika sudah selesai diperbaiki. Karena semakin cepat Laptop yang kita miliki diambil maka jika kita melakukan service lagi teknisi bisa memprioritaskan Laptop kita karena kita selalu cepat melakukan pengambilan barang.

Nah itu dia beberapa tips yang perlu kalian ketahui saat ingin melakukan servis Laptop ke tukang service. Mungkin yang paling sulit yaitu mencari tempat service yang terpercaya, karena sekedar bisa saja tidak saya rekomendasikan.

Saya yakin jika kalian mencari tukang service apapun itu baik service motor, service HP, atau service kamera pasti mencari tempat yang terpercaya. Seperti yang kita tau bahwa kepercayaan sangat penting dalam bisnis.

Selain itu jika disk usage di PC atau Laptop kalian selalu 100% kalian bisa baca kenapa disk usage selalu 100% terus. Jika penggunaan disk pada HDD tidak wajar kalian harus tau penyebabnya apa supaya tidak ada kerusakan secara tiba-tiba di kemudian hari.


EmoticonEmoticon