Pengertian serta Perbedaan Jaringan GSM, GPRS, EDGE, dan Lainnya

Pengertian serta Perbedaan Jaringan GSM, GPRS, EDGE, dan Lainnya

KEPOINDONESIA.id - Saya yakin kalian sudah tidak asing dengan yang namanya GSM, GPRS, ataupun EDGE. Karena ketiga istilah tersebut dulu sangat sering kita lihat di semua HP yang kita temui apapun type HP tersebut.

Mungkin tidak perlu saya jelaskan lagi, akan tetapi bagi kalian yang tidak tau perkembangan jaringan semakin lama semakin canggih. Jika diurutkan yang pertama yaitu GSM, kemudian GPRS, lalu EDGE dan sampai sekarang sudah ada yang menggunakan 5G.

Di HP jadul jaman dahulu jaringan yang paling sering digunakan yaitu GPRS dan EDGE. Pada waktu itu kedua jaringan tersebut sudah cukup cepat untuk browsing serta untuk download game-game jadul serta musik.

Akan tetapi saya yakin jika kalian sekarang mencoba mengakses internet dengan jaringan EDGE atau GPRS kalian tidak akan sabar karena sangat lambat sekali. 3G saja sekarang lambat apalagi GPRS.

Supaya kalian tau semuanya tentang jaringan yang ada maka kali ini saya akan menjelaskan tentang GSM, GPRS, EDGE, UMTS, HSPA, HSPA+, HSDPA, dan HSUPA. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mengatasi download mengulang di UC Browser serta solusi tidak bisa login akun PayPal.

GSM (Global System for Mobile Communication)


GSM atau Global System for Mobile Communication adalah sebuah teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital. Teknologi ini diterapkan pada alat komunikasi bergerak seperti telepon genggam atau Handphone.

GSM sendiri adalah teknologi standar untuk komunikasi seluler dan salah satu yang paling banyak digunakan di dunia. Mungkin kalian tau yang namanya 2G? benar sekali GSM adalah teknologi jaringan yang dikenal sebagai 2G.

GPRS (General Packet Radio Service)


General Packet Radio Service atau yang sering disebut sebagai GPRS merupakan teknologi yang memungkinkan pengiriman data yang lebih cepat di bandingkan teknologi Circuit Switch Data (CSD).

GPRS adalah generasi baru dari GSM yang menghasilkan jaringan 2.5G. Bagi kalian yang tidak pernah mencoba beberapa HP jadul dari Nokia kalian tidak akan tau jaringan-jaringan berikutnya yang akan saya bahas.

EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution)


Enhanced Data Rates for GSM Evolution atau jika disingkat menjadi EDGE merupakan teknologi lanjutan dari GSM. Jika di GSM memiliki kecepatan 9.6 - 14.4 kbps, GPRS memiliki kecepatan 115 kbps, sedangkan EDGE memiliki kecepatan 3x lipat yaitu 384 kbps.

UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)


Teknologi UMTS sering disebut dengan Wideband Code-Division Multiple Access atau WCDMA yang merupakan teknologi generasi ketiga untuk GSM yaitu 3G. UMTS atau Universal Mobile Telecommunication System tidak didukung oleh CDMA2000 atau yang lebih dikenal dengan CDMA.

Oleh karena itu dulu sebelum Smartfren menjadi 4g dan masih menggunakan jaringan CDMA EVDO kecepatan internetnya tergolong lambat. Selain itu CDMA di Indonesia sekarang sudah tidak ada karena setahu saya yang terakhir yaitu Smartfren yang sekarang sudah pindah menggunakan GSM.

HSPA (High Speed Packed Access)


High Speed Packed Access
merupakan teknologi koleksi protokol dalam ranah 3.5G yang dengan memperluas dan memperbaiki teknologi dari Universal Mobile Telecommunication System. Jaringan ini pernah saya coba di Nokia Asha 311 dan kecepatannya cukup memuaskan.

HSPA+ (High Speed Packed Access+)


Teknologi ini adalah teknologi baru dan evolusi dari HSPA dengan kemampuan pengiriman data yang lebih cepat. Saya sendiri pernah mencoba jaringan ini di smartphone Android tetapi saya lupa tipenya apa.

HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access)


Yang jelas HSDPA atau High-Speed Downlink Packet Access lebih bagus dari pada HSPA dan HSPA+. Jaringan ini dapat mengunduh sesuatu di internet dengan kecepatan maksimal hingga 3.6MB/s dan cukup cepat lebih cepat dari pada UMTS atau 3G.


HSUPA (High-Speed Uplink Packet Access)


HSUPA atau High-Speed Uplink Packet Access merupakan teknologi protokol ponsel yang memiliki kecepatan upload hingga 5.76MB/s. Teknologi ini juga sudah mendukung untuk menonton video streaming dan memainkan video game.

Sedangkan sekarang semua ponsel sudah mengunakan teknologi generasi ke-4 yaitu 4G. Semua ponsel yang keluar pada tahun 2019 dan 2020 sudah menggunakan teknologi jaringan ini walaupun kecepatan maksimal di masing-masing perangkat berbeda karena faktor-faktor tertentu.

Teknologi 4G yang ada sekarang sudah lebih dari cukup. Sebelum teknologi generasi ke-5 muncul dan benar-benar merata di Indonesia teknologi 4G menurut saya masih sangat layak digunakan. Selain sudah cepat tentu saja lebih hemat kuota jika dibandingkan dengan teknologi yang lebih cepat seperti 5G. 

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian dan jika ada salah kata atau penulisan dari saya mohon dimaafkan. Jika pada jaringan 4G kalian tidak bisa mengirim SMS dan melakukan panggilan telepon kalian wajib baca artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon