Penyebab Jaringan 5G Tidak Muncul di HP Kalian

Penyebab Jaringan 5G Tidak Muncul di HP Kalian

KEPOINDONESIA.id - Seperti yang kalian ketahui jaringan 5G sudah siap untuk menggantikan jaringan 4G di Indonesia, hanya saja memang masih di tahap awal-awal. Entah kenapa padahal jaringan 5G belum sepenuhnya ada di Indonesia tetapi banyak orang yang menyudutkan ponsel baru yang belum mendukung jaringan 5G.

Untuk sehari-hari seperti mengakses aplikasi chatting, sosial media, streaming video, download, atau bermain game jaringan 4G sudah lebih dari cukup asalkan kondisi jaringan sedang normal dan tidak bermasalah.

Karena jika sedang bermasalah jaringan 5G sekalipun pasti akan lemot dan lambat saat digunakan. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa jaringan 5G di HP kalian belum muncul padahal milik orang lain mengatakan sudah muncul dam bisa digunakan?.

Ada beberapa faktor penyebabnya, jadi kalian harus mengetahui apa saja faktor penyebabnya. Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan jaringan 5G tidak muncul di HP kalian.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas terlebih dahulu. Seperti kenapa jaringan 3G hilang dan tidak mau muncul serta cara mengatur data seluler di SIM 1 dan SIM 2.

Setidaknya ada 3 syarat yang harus terpenuhi jika kalian ingin mencoba dan menggunakan jaringan 5G. Apa syarat yang harus dipenuhi supaya jaringan 5G muncul dan tampil serta bisa kita gunakan?. Berikut ketiga syaratnya:
  • Perangkat mendukung jaringan 5G
  • Operator Seluler sudah mendukung jaringan 5G
  • Wilayah kalian sudah tercover jaringan 5G

Jadi jika semua syarat utama tadi belum terpenuhi kalian tidak akan bisa merasakan dan menggunakan jaringan 5G di HP kalian. Apa kelebihan dari jaringan 5G? jaringan versi terbaru pasti akan lebih cepat daripada sebelumnya.

Karena lebih cepat pasti membutuhkan komponen hardware yang lebih tinggi, oleh karena itu kemungkinan penggunaan baterai akan lebih boros dari pada saat menggunakan jaringan 4G. Selain itu soal penggunaan kuota.

Penggunaan kuota 3G lebih boros daripada 2G, penggunaan kuota 4G lebih boros daripada 3G, maka tidak bisa dipungkiri lagi nantinya penggunaan kuota di jaringan 5G akan lebih boros daripada 4G.

Tetapi saya yakin nanti akan ada solusi mengenai masalah ini. Jadi saran saya jika kalian ingin membeli HP baru lebih baik menabung dari sekarang dan belilah HP yang sudah mendukung jaringan 5G supaya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Saya pribadi masih sangat nyaman dengan jaringan 4G dan tidak terlalu menunggu jaringan 5G. Karena jika ingin yang lebih baru dan lebih cepat tidak ada akhirnya dan saya sendiri karena lebih sering dirumah menggunakan jaringan Wifi lebih saya prioritaskan.

Itu saja penjelasan dari saya mengenai jaringan 5G yang belum bisa kalian coba dan gunakan. Tiba-tiba muncul peringatan jaringan sedang dipantau di HP Android yang kalian miliki? apa artinya dan apakah memang sedang dipantau? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah saya jelaskan sebelumnya.


EmoticonEmoticon