Minggu, 12 Mei 2019

Pengertian dan Cara Menghapus File Serbaneka di Android Dijamin Aman

Pengertian dan Cara Menghapus File Serbaneka di Android Dijamin Aman

KEPOINDONESIA.id - Bagi pengguna Android pasti sudah tau bahwa file sampah di Android ini banyak sekali. Sebagai contoh jika aplikasi apapun yang sering kita gunakan maka data di aplikasi tersebut sangat cepat sekali bertambah entah dari mana asalnya. Salah satu yang memakan banyak memori internal atau memori telepon yaitu file Serbaneka atau file lainnya.

Pasti kalian sudah sering melihat kata serbaneka dan file lainnya bukan. Kalian dapat melihatnya di Pengaturan>Penyimpanan dan file serbaneka akan ada di paling bawah yang biasanya banyak sekali sampai berGB GB(Gigabyte) an.

Lalu apa pengertian file serbaneka? apa itu file serbaneka? File Serbaneka merupakan file kecuali aplikasi '.apk', gambar dan video, audio '.mp3', unduhan dan cache dalam aplikasi. Jadi file serbaneka atau file lainnya merupakan format file selain yang saya sebutkan tadi, jadi seperti .zip, .pdf, .txt, dan masih banyak yang lainnya. .png dan font '.ttf' juga masuk dalam serbaneka.

Lalu apa file serbaneka boleh dihapus? saya jawab sangat boleh alias aman untuk dihapus. Kecuali jika file yang akan dihapus merupakan data penting yang kalian butuhkan ya jangan dihapus. Bisa di upload di Google Drive baru dihapus atau dicopy dulu ke Komputer atau Flashdisk.

Dan jika menghapus file serbaneka efeknya akan terasa yaitu memori internal kalian jadi akan sangat lega kembali. Lalu bagaimana cara mengapus file serbanke yang aman? Caranya mudah, namun sebelum itu jika kalian sering mengalami memori atau penyimpanan penuh saat update aplikasi dan install aplikasi di Play Store kalian bisa baca cara mengatasi memori penuh saat update dan install aplikasi di Play Store.

Cara Menghapus Serbaneka Dalam Penyimpanan


1. Menghapus File Serbaneka di Menu Serbaneka


Cara pertama untuk menghapus serbaneka yaitu lewat Pengaturan>Penyimpanan>Serbaneka. Nantinya banyak folder yang isinya file serbaneka. Kalian bisa pilih folder yang ingin dihapus dan di menu ini juga terlihat ukuran folder serbanekanya. Cara ini tanpa root namun saya sarankan hapus folder yang isinya sama semua, seperti Fonts misalnya.

2. Dengan Aplikasi Clean Master


Berikutnya dengan aplikasi Clean Master. Pertama tama silakan kalian install dan buka aplikasi Clean Masternya, lalu pilih Berkas Sampah, Lalu pilih Lanjutan di sisi pojok kanan atas. Lalu kalian pilih hapus file yang kalian rasa file serbaneka mulai dari Berkas-berkas file besar, Berkas saya, Cache, dan Berkas-berkas sementara.

3. Dengan Aplikasi Root Explorer


Untuk cara ini di peruntukan untuk pengguna Xiaomi dengan room MIUI nya jika tidak bisa menggunakan kedua cara diatas. Namun selain harus menginstall aplikasi Root Explorer , HP Xiaomi kalian juga harus sudah dalam kondisi di root atau rooted.

Cara Menghapus file Misc di Xiaomi
  1. Buka aplikasi Root Explorer 
  2. Pilih menu data
  3. Masuk ke miui
  4. Selanjutnya pilih app
  5. Dalam app nantinya akan ada 2 folder, silakan kalian hapus semua file dalam 2 folder tersebut. INGAT!! Hanya file yang terdapat di 2 folder tersebut bukan foldernya
Nah itu dia 3 cara menghapus serbaneka di Android milik kita. Saya sendiri sering menghapus dengan cara 1 dan 2 di HP ASUS, Andromax dan Lenovo saya. Sedangkan di Xiaomi belum pernah karena saya tidak memiliki HP Xiaomi.

Dan jika kalian sering mengalami kartu SD tidak terbaca kalian bisa baca cara mengatasi kartu SD atau kartu memori tidak terbaca dengan mudah. Semoga cara diatas bermanfaat bagi kalian dan saya tekankan menghapus file serbaneka tidak apa-apa dan tidak berefek buruk bagi Smartphone Android kalian.


EmoticonEmoticon